Jasa Armada Indonesia Siap Bersandar di BEI Akhir Tahun Ini

Selasa, 07 November 2017 - 15:57 WIB
Jasa Armada Indonesia Siap Bersandar di BEI Akhir Tahun Ini
Jasa Armada Indonesia Siap Bersandar di BEI Akhir Tahun Ini
A A A
JAKARTA - PT Jasa Armada Indonesia (JAI) akan menjadi perusahaan jasa pemanduan dan penundaan kapal pertama di Indonesia bahkan di Asia yang akan bersandar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Anak usaha PT Pelindo II (IPC) ini siap menggelar penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada Desember 2017.

Dengan melaksanakan IPO, JAI berharap menjadi lebih profesional di samping bisa mendapatkan dana segar untuk mendukung pengembangan usahanya.

"Persiapan sumber daya manusia untuk IPO sudah siap sejak beberapa waktu lalu atau tepatnya 2015 awal, karena perpindahan kapal (dari IPC) ABK-nya sudah diurus sejak 2014," ujar Direktur Utama JAI Dawam Atmosudiro di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Kendati demikian, Dawam belum bisa menyampaikan jumlah target dana dari pelaksanaan IPO tersebut. Sebab, perusahaan belum mendapatkan pernyataan resmi dari OJK. "Kami belum bisa sampaikan (target dana) saat ini," ucapnya.

Perusahaan memiliki prospek pengembangan captive market sangat tinggi, terutama dari IPC sebagai induk yang memiliki beberapa proyek pengembangan yang masuk proyek strategis nasional yang akan menjadi pasar baru bagi JAI.

Proyek tersebut antara lain Pelabuhan New Priok (Kalibaru), Kijing, Sorong dan Cikarang-Bekasi Laut yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

IPC sebagai pemilik proyek-proyek tersebut saat ini telah menyiapkan dana secara penuh, sehingga manajemen optimis target pengembangan pasar tersebut akan terealisir. Dalam lima tahun ke depan, IPC diproyeksikan akan memiliki kapasitas dua kali lipat dari saat ini.

"JAI yang telah ditunjuk sebagai mitra IPC dengan kontrak jangka panjang untuk melayani penundaan di seluruh wilayah IPC secara otomatis akan mengalami tambahan pasar yang cukup materiil," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5671 seconds (0.1#10.140)