Jensen Huang, CEO Visioner Sekaligus Pemimpin Idaman

Selasa, 28 November 2017 - 12:15 WIB
Jensen Huang, CEO Visioner Sekaligus Pemimpin Idaman
Jensen Huang, CEO Visioner Sekaligus Pemimpin Idaman
A A A
CEO Nvidia Huang digelari titel Business Person of the Year dari majalah Fortune bukan tanpa sebab. Sejak memimpin perusahaan chip asal Santa Clara, California, itu 24 tahun silam, langkah perusahaan seolah tidak terhenti. Berikut alasannya:

1. Visioner
Dari merancang GPU, Nvidia kini menjadi perusahaan yang produknya ada di mana-mana. Bahkan, menentukan masa depan industri teknologi, seperti kecerdasan buatan, realitas bertambah, hingga ponsel. Ini karena Huang sendiri sangat visioner. Karena dia sendiri yang menciptakan kebutuhan akan GPU, maka Huang-lah yang tahu seberapa besar teknologi tersebut dapat dioptimalkan. Dengan 70 persen market share, Nvidia mengalahkan Intel dan Advanced Micro Devices (AMD).

2. Menciptakan Produk Bernilai Tinggi
"Huang sadar akan potensi artificial intelligence dan deep learning, serta menciptakan produk untuk memecahkan berbagai masalah," ujar analis Jeff Marks. Itulah mengapa Nvidia bisa begitu cepat berkembang. Chip produksi Huang dicari oleh berbagai perusahaan karena kemampuannya untuk memecahkan berbagai problem di industri, mulai cloud, ponsel, hingga video game. Huang dianggap sukses membuat produk yang dapat memecahkan hal-hal yang sebelumnya tidak terpecahkan.

3. Pemimpin Idaman
Oleh para stafnya, Huang disebut sebagai pemimpin idola. Ia sangat peduli terhadap bawahannya, tegas, cerdas, dan otentik. Saat ini karyawan Nvidia sudah mencapai 11.000 orang. Budaya perusahaan dibangun dengan komunikasi terbuka dan akses langsung ke CEO. Huang bahkan tidak memiliki kantor mewah. Setiap hari ia berada di kantor pusat Nvidia dan terus berpindah-pindah ke divisi perusahaan yang berbeda-beda untuk memberi solusi dan arahan.

Pernah ada karyawan yang bertaruh untuk mencukur botak rambut mereka jika saham Nvidia tembus ke angka USD100. Mendengar itu, Huang membawa tantangan ke level baru. Ia membuat tato logo perusahaan di lengan kirinya. Saat ini harga saham Nvidia sudah mencapai USD213.

Jensen Huang, CEO Visioner Sekaligus Pemimpin Idaman
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5118 seconds (0.1#10.140)