Investasi ke Bintan Sepanjang 2017 Mencapai Rp14 Triliun

Rabu, 17 Januari 2018 - 21:29 WIB
Investasi ke Bintan Sepanjang 2017 Mencapai Rp14 Triliun
Investasi ke Bintan Sepanjang 2017 Mencapai Rp14 Triliun
A A A
BINTAN BUYU - Kepala Bidang (Kabid) Perizinan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kabupaten Bintan, Alfeni Harmi mengatakan, sepanjang tahun 2017, nilai total investasi yang masuk ke ke Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, mencapai Rp14 triliun.

"Sebanyak 27 perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dengan nilai investasi mencapai USD921 juta atau setara Rp12,3 triliun. Sedangkan tipe Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terdapat 8 perusahaan dengan nilai investasi mencapai Rp1,7 triliun," ujarnya, Rabu (17/1/2018).

Alfeni menambahkan bahwa data realisasi investasi PMDN dan PMA tersebut berdasarkan permohonan Izin Prinsip perusahaan yang diajukan ke BPMPTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Bintan sepanjang tahun 2017.

Atas pencapaian ini, Bupati Bintan Apri Sujadi, meminta BPMPTSP dan Tenaga Kerja untuk mengawal investasi yang sudah masuk ke Kabupaten Bintan, supaya bisa melakukan realisasi hingga memasuki tahap operasi komersial.

Selanjutnya, memfasilitasi dan melakukan pemantauan dalam rangka memberikan solusi terkait permasalahan yang dihadapi investor, termasuk diantaranya perizinan di pusat dan daerah, juga pengadaan lahan. "Supaya realisasi proyek tepat waktu," sambung dia.

Mengenai kelesuan perekonomian secara global, kata dia, hendaklah disikapi secara positif agar tidak berpengaruh terhadap investasi di Bintan. Bahkan diupayakan agar investasi dan perekonomian selalu meningkat, walaupun perekonomian global dan nasional tengah lesu. "Bangkitkan terus investasi, kembangkan terus perekonomian, tingkatkan kesejahteraan," ajaknya.

Adapun nama-nama perusahaan PMA yang menanamkan investasinya diantaranya, Gallant Venture grup dari Singapura, yang bergerak di bidang pariwisata perhotelan dan resor, yaitu PT Gallant Lagoi Fenomena USD20 juta, PT Gallant Lagoi Inti USD18 juta, PT Gallant Lagoi Abadi USD16 juta, PT Gallant Lagoi Damai USD26 juta, dan PT Gallant Lagoi Jaya USD22 juta.

Kemudian PT Gallant Lagoi Gemilang USD18,5 juta, PT Gallant Lagoi Harmoni USD15,5 juta, PT Gallant Lagoi Elok USD17 juta, PT Lagoi Berjaya USD17,5 juta, PT Gallant Lagoi Cemerlang USD16 juta, PT Gallant Onbase Resort Rp15 miliar, dan beberapa perusahaan PMA dan beberapa perusahaan lainnya. Untuk investasi dari perusahaan PMDN diantaranya Hotel Melia Bintan Rp500 miliar, dan beberapa perusahaan lainnya.
(ven)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1791 seconds (11.210#12.26)