Kontribusi Koperasi ke PDB Ditargetkan Capai 6% di 2019

Jum'at, 19 Januari 2018 - 20:01 WIB
Kontribusi Koperasi...
Kontribusi Koperasi ke PDB Ditargetkan Capai 6% di 2019
A A A
SURABAYA - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menargetkan kontribusi koperasi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional mencapai 6% di tahun 2019.

"Saya optimistis itu bisa tercapai. Kami akan terus menggulirkan program strategis dan konkret, seperti pelatihan perkoperasian," kata Puspayoga saat membuka Program Pelatihan Manajemen Organisasi dan Pengelolaan Koperasi bagi Koperasi Aisyiyah di Surabaya, Jumat (19/1/2018).

Puspayoga mencontohkan pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengelola koperasi baik itu pengurus, pengawas, manajer, hingga anggota. "Manajemen koperasi harus bagus dan modern serta profesional. Hal itu akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi," tegasnya.

Puspayoga mengatakan, bila kontribusi koperasi ke PDB terus meningkat, maka hal itu akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan kesejahteraan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemberdayaan SDM Kemenkop dan UKM Prakoso BS menjelaskan, latar belakang pelatihan tersebut adalah keberadaan lembaga ekonomi, khususnya koperasi di bawah naungan organisasi Aisyiyah, baik koperasi primer di setiap kabupaten/kota, sekunder, dan induk koperasi, cukup banyak.

"Namun, koperasi tersebut belum dikelola seluruhnya sesuai dengan prinsip koperasi. Khususnya partisipasi anggota, serta pengelolaannya, masih perlu penyesuaian khususnya dengan manajemen modern," kata Prakoso.

Prakoso mengatakan, pelatihan yang diikuti 300 orang perempuan anggota Aisyiyah lebih memfokuskan pada pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan. Menyangkut kewirausahaan, Prakoso menekankan pentingnya perempuan khususnya anggota Aisyiyah untuk menekuni sebuah usaha.

"Dengan berwirausaha para perempuan akan mampu membantu ekonomi keluarga, yang pada ujungnya akan meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota Aisyiyah," kata Prakoso.

Ketua Umum Pengurus Pusat Aisyiyah Muhammadiyah Hj Siti Noordjannah Djohantini meyakini dan optimistis program-program pemberdayaan ekonomi perempuan anggota Aisyiyah yang bersinergi dengan Kemenkop dan UKM akan terus ditingkatkan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8860 seconds (0.1#10.140)