Kekuatan USD Berkurang, Rupiah Bisa Ambil Peluang

Kamis, 26 Juli 2018 - 08:50 WIB
Kekuatan USD Berkurang,...
Kekuatan USD Berkurang, Rupiah Bisa Ambil Peluang
A A A
JAKARTA - Mulai diresponnya sejumlah berita positif dari dalam negeri, terutama langkah pemerintah yang akan menyiapkan sejumlah strategi dan kebijakan menyiasati dampak perang dagang diharapkan dapat membuat laju rupiah bertahan di teritori positif.

Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada mengatakan, berkurangnya penguatan USD pada hari ini akan memberikan ruang bagi rupiah untuk kembali melanjutkan kenaikan.

"Namun tetap cermati dan waspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ujarnya di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak di kisaran level Rp14.456/USD-Rp14.448/USD. Sementara, pergerakan rupiah kemarin mampu berbalik menguat setelah pelaku pasar baru merespon tren pelemahan laju USD yang terjadi beberapa hari terakhir.

Di sisi lain, pergerakan EUR yang kembali menguat setelah pelaku pasar berharap akan tercapainya kesepakatan perdagangan antara Uni Eropa dan AS untuk mencegah terjadinya perang dagang.

"Sementara itu, dari dalam negeri adanya rilis positif dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang memperkirakan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan akan membaik pada semester II tahun ini, serta langkah pemerintah yang disampaikan Menko Perekonomian, dimana momentum pelemahan rupiah harus dimanfaatkan untuk melakukan ekspor sebanyak-banyaknya cukup positif mengangkat rupiah," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2640 seconds (0.1#10.140)