Pertamina-Patra Jasa Gelar Pelatihan Pariwisata hingga Pengolahan Sampah

Rabu, 26 September 2018 - 17:27 WIB
Pertamina-Patra Jasa Gelar Pelatihan Pariwisata hingga Pengolahan Sampah
Pertamina-Patra Jasa Gelar Pelatihan Pariwisata hingga Pengolahan Sampah
A A A
SEMARANG - PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan PT Patra Jasa selaku anak perusahaan, melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR), dengan menggelar tiga kegiatan edukatif. Ketiga kegiatan tersebut meliputi pelatihan pariwisata, pengelolaan sampah dan yoga pre-natal yang digelar di Patra Semarang Hotel & Convention mulai hari ini hingga Senin, 1 Oktober mendatang.

Untuk pelatihan pariwisata yang dilaksanakan selama 2 hari diikuti 20 siswa SMKN 6 Semarang dan 40 mahasiswa Stiepari dan Udinus. Materi pelatihan pariwisata meliputi pengetahuan dasar ilmu perhotelan, housekeeping serta table manner.

Sedangkan pelatihan pengelolaan sampah akan diikuti oleh 50 warga dari kelurahan Wonotingal, Candi dan Jomblang. Peserta akan mendapatkan materi proses pengolahan dari sampah menjadi kompos. Kemudian, untuk yoga pre-natal yang akan dilaksanakan selama 4 hari itu diikuti oleh 40 ibu hamil juga berasal dari kelurahan Candi, Wonotingal dan Jomblang.

General Manager Patra Semarang Hotel & Convention, I Gusti Made Juniarta mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina dan PT Patra Jasa sebagai anak perusahaan yang bertugas melaksanakan kegiatan tersebut melalui unit Patra Hotels & Resorts yang berada di Bali, Semarang, Bandung, Anyer, Parapat dan Palembang.

"Tema yang dicanangkan setiap tahunnya berbeda-beda, namun selalu mengedepankan program yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan warga sekitar hotel. Dan untuk tahun ini digelar 3 kegiatan yakni pelatihan pariwisata, pengolahan sampah dan yoga pre-natal," kata Juniarta saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan di Patra Semarang Hotel & Convention, Rabu (26/9/2018).

Dia menerangkan, pelatihan pariwisata dimaksudkan sebagai bentuk kontribusi Patra selaku pelaku wisata yang turut serta mengembangkan cikal bakal insan pariwisata yang berkualitas.

"Kemudian untuk kegiatan pelatihan pengolahan limbah, kami sebagai industri ingin memberikan edukasi terhadap warga dalam pengelolaan sampah agar kami dan warga sekitar dapat berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan," terangnya.

Sedangkan kegiatan yoga pre-natal, menurut dia, sebagai wujud kepedulian terhadap para ibu yang sedang berjuang untuk melahirkan buah hati yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Sebelum penyelenggaraan program CSR di Semarang, PT Pertamina (Persero) dan PT Patra Jasa telah menggelar pelatihan pariwisata di Kupang bersama 60 peserta dari 3 SMK di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Patra Comfort Parapat bersama 60 peserta dari 1 yayasan serta 7 SMK yang tersebar di wilayah Parapat dan Siantar, Sumatra Utara.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4999 seconds (0.1#10.140)