Ini Lima Sektor Penggerak Industri Tahun Depan

Rabu, 07 November 2018 - 17:01 WIB
Ini Lima Sektor Penggerak Industri Tahun Depan
Ini Lima Sektor Penggerak Industri Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengembangkan lima sektor sebagai roda penggerak industri tahun depan. Kelima sektor itu adalah makanan dan minuman (mamin), tekstil, busana, elektronik dan kimia.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Peningkatan dan Penggunaan Produk Dalam Negeri Imam Haryono mengatakan, sektor yang dikembangkan tahun depan mempunyai dua kriteria yakni berdampak terhadap ekonomi dan disertai kelayakan tinggi.

"Sektor-sektor ini 60% pekerja di industri manufaktur, 50% ekspor dan 60% terhadap PDB. Industri manufaktur di lima sektor ini dikembangkan, yang lain ketarik," ujarnya di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Karena itu, Imam menjelaskan, langkah cepat yang dilakukan pemerintah yaitu dengan memberikan insentif. Di antaranya teknologi di bidang limbah, belanja modal gandeng dan menggaet investor handal untuk transfer pengetahuan ke dalam negeri.

"Kemudian perlu pusat inovasi, dukungan UMKM dengan menggenjot partisipasi e-commerce dan perbankan," katanya.

Selain itu, lanjut Imam, perlu juga adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Ditargetkan human development index pun naik ke peringkat 36.

"Menyangkut dukungan industrial antara pelaku dan masyarakat luas dengan meningkatkan ke angka 36 bisa dipercepat," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)