Ini Sektor UMKM yang Berpeluang Diminati Asing

Rabu, 21 November 2018 - 23:42 WIB
Ini Sektor UMKM yang...
Ini Sektor UMKM yang Berpeluang Diminati Asing
A A A
BANDUNG - Pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Aldrin Herwani, mengaku munculnya Paket Kebijakan Ekonomi jilid 16 memberi peluang bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk dilirik investor asing.

Menurut dia, beberapa sektor yang berpeluang dilirik investor asing adalah yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. Diantaranya fashion, handicraft, kuliner, dan desain (grafis, visual dan animasi).

"Sebenarnya investor luar sudah melirik UMKM kita. Cuma selama ini, belum ada aturan pemerintah dan belum tahu arahnya kemana. Tapi setelah ada kebijakan ini, kelihatannya akan booming," kata Aldrin di Bandung, Rabu (21/11/2018).

Menurut Aldrin, di luar negeri banyak dana yang berencana diinvestasikan. Tetapi mereka bingung modal tersebut mau diinvestasikan kemana. Mereka mencari sektor yang menjanjikan dan aman. Apalagi kondisi ekonomi dunia masih labil.

Aldrin menambahkan, selama ini, investor baru berinvestasi di capital market dengan skala besar. Sementara untuk skala kecil belum. Dibukanya peluang investor masuk ke UMKM diperkirakan bakal banyak diminati asing.

"Nah tinggal UMKM-nya. Siap enggak siap harus siap. Karena ini momen untuk mengembangkan UMKM. Tetapi pemerintah juga harus mendampingi, caranya bisa menggandeng siapapun agar pelaku usaha bisa bekerja sama dengan asing," kata dia.

Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM nantinya jangan hanya jadi pekerja. Tetapi mesti menjadi ownner. Sehingga keputusan menarik tenaga kerja dan konten lokal bisa dipertahankan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7018 seconds (0.1#10.140)