BUMN Optimalkan Peran UMKM di Rest Area Tol Trans Jawa

Jum'at, 21 Desember 2018 - 10:33 WIB
BUMN Optimalkan Peran...
BUMN Optimalkan Peran UMKM di Rest Area Tol Trans Jawa
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terus mendorong peran BUMN dalam memaksimalkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol dengan memaksimalkan peran UMKM pada zona komersil di rest area tol Trans Jawa. Sehingga, secara jangka panjang perekonomian daerah setempat pun bisa bertumbuh berkat keberadaan jalan tol.

"Saya ingin pembangunan dan keberadaan jalan tol tidak hanya sebatas menghubungkan jalan dari satu daerah ke daerah lain. Tapi bagaimana dengan adanya jalan tol ini, ekonomi masyarakat sekitar menjadi semakin meningkat dan memberikan kesejahteraan bagi mereka. Sehingga multiplier effect dari pembangunan infrastruktur itu jelas dan nyata," ujar Menteri Rini di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Sambung dua menjelaskan, keberadaan UMKM di rest area jalan tol merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan agar ada tempat spesial bagi UMKM. "Geliat ekonomi masyarakat harus terus ditingkatkan. Kita konsepkan benar-benar soal zona UMKM di rest area ini, dimana kita sandingkan dengan Himbara dan program kami yang sudah berjalan yakni Rumah Kreatif BUMN," terang dia.

Selain itu, BUMN pun didorong untuk terlibat dalam upaya pengembangan pelaku UMKM tersebut. Termasuk untuk meningkatkan daya saing produk-produk daerah. "BUMN bisa ikut memajukan potensi-potensi tersebut dengan berbagai upaya, baik lewat peningkatan pelayanan umum seperti listrik dan telekomunikasi, penyaluran kredit usaha oleh BUMN perbankan, hingga Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)," tutur Rini

Seperti diketahui, ruas tol Nganjuk, Presiden Jokowi telah meresmikan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan - Grati, Jalan Tol Jombang Mojokerto segmen Bandar - Mojokerto dan jalan tol Surabaya Gempol segmen relokasi Porong - Gempol.

Kemudian pada sore hari, di Jembatan Kali Kuto, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura. Dengan demikian, kini Jalan Tol Trans Jawa resmi beroperasi mulai dari Merak, Surabaya hingga Pasuruan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)