Mentan Amran Pastikan Harga Cabai Sudah Kembali Normal

Senin, 14 Januari 2019 - 16:19 WIB
Mentan Amran Pastikan Harga Cabai Sudah Kembali Normal
Mentan Amran Pastikan Harga Cabai Sudah Kembali Normal
A A A
JAKARTA - Kenaikan harga cabai pada beberapa tempat ditanggapi oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang menyatakan, telah terjadi penurunan harga pada tingkat petani dan pasar. Dipastikan olehnya harga cabai sudah kembali normal setelah sebelumnya sempat terjadi kenaikan pada periode Natal hingga Tahun Baru.

"Semalam kami terima laporan tiga malam yang lalu bahwa harga cabai sudah murah, satu sisi itu adalah menunjukkan pertanian kita berhasil. Turun di bawah Rp10 ribu dan sekarang normal menjadi Rp18 ribu," ujar Mentan Amran di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut, Ia menerangkan agar isu pangan jangan dipolitisasi seperti kenaikan harga bahan pangan sehingga bisa meresahkan banyak masyarakat. "Jadi kami perlu sampaikan ke seluruh Indonesia terkhusus ke para petani. Teman-teman janganlah pangan dipolitisasi, jangan masuk arena politik. Ini persoalan kebutuhan pokok rakyat Indonesia," tegasnya.

Tidak hanya itu, Amran juga menyampaikan Indonesia sebenarnya sudah mencapai swasembada beras pada tahun lalu. Hal ini menurutnya perlu dijadikan komitmen yang besar di tahun 2019. "Kita ini sudah menyelesaikan beberapa masalah pangan, jadi ini komitmen kita bersama dengan stakeholder lainnya," paparnya.

Sebelumnya harga cabai di Salatiga, Jawa Tengah pada awal Januari 2019 sempat menanjak naik hingga Rp35.000 per kg. Tingginya harga telur dan cabai ini diperkirakan akibat produksi yang belum optimal.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3532 seconds (0.1#10.140)