P3RSI Desak Permen PUPR dan Pergub Rusun Dicabut

Jum'at, 01 Maret 2019 - 23:33 WIB
P3RSI Desak Permen PUPR...
P3RSI Desak Permen PUPR dan Pergub Rusun Dicabut
A A A
JAKARTA - Persatuan Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Indonesia (P3RSI)mendesak pencabutan Peraturan Menteri (Permen) PUPR No 23 tahun 2018 tentang Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rusun dan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No 132 tahun 2018 tentang Pembinaan Pengelolaan Rusun Milik.

Kedua aturan tersebut dinilai memicu kontroversi di tingkat pelaksanaan sehingga menyebabkan konflik baru dan membuat ketidakpastian hukum.

Sekretaris Jenderal P3SRI, Danang S. Winata, mengungkapkan UU Rusun Pasal 78 mengamanatkan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai produk hukum dalam pengaturan ketentuan mengenai Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun (PPPSRS), bukan Permen.

Dengan demikian, Permen tersebut secara hukum formil bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di atasnya. Demikian pula halnya dengan Pergub yang diterbitkan pada Desember 2018.

Merujuk pada UU No. 12 Tahun 2011 tentang Tata Urutan Perundang-undangan diatur bahwa PP seharusnya keluar terlebih dulu baru diikuti peraturan di bawahnya.

"Jelas sekali baik Permen maupun Pergub bertentangan dengan UU No. 12 tahun 2011. Oleh karena itu, seyogyanya Permen dan Pergub kontroversial itu dicabut dan dikembalikan kepada aturan yang sesuai ketentuan yakni UU Rusun dan UU Tata Urutan Perundang-undangan," tegas Danang kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

P3RSI mengaku tidak dilibatkan dalam penyusunan Permen dan Pergub. Justru beberapa tahun lalu wadah berkumpul para pemilik, penghuni dan pengurus PPPSRS itu diajak Kementerian PUPR (waktu itu masih Kemenpera) untuk membahas PP sebagai turunan UU Rusun. Tetapi 8 tahun lamanya, PP tidak juga selesai, sehingga kemudian terbit Permen dan Pergub yang isinya tidak mengakomodir masukan dari P3RSI.

"Terkait Pergub, memang kami diajak beberapa kali rapat tim perumus dengan beberapa perhimpunan lain, namun kemudian tidak diajak lagi. Sampai keluar Pergub yang isinya sama dengan Permen. Kami tentu kaget dan kecewa sekali, padahal P3RSI ini wadah penghuni rusun yang juga warga DKI Jakarta," ungkap Danang.

P3RSI menegaskan bahwa semua anggota dan pengurus rusun yang bernaung di bawahnya adalah pemilik dan penghuni. Oleh karena itu, pihaknya heran dengan maraknya pemberitaan di media massa yang menyebutkan adanya intervensi pengembang dalam pengelolaan apartemen.

Danang menegaskan kalau sudah dibentuk PPPSRS, maka tidak ada lagi urusan dengan pengembang karena seluruh unit dan pengelolaan sudah diserahterimakan kepada pemilik atau penghuni.

Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta, Amran Nukman, menyatakan apresiasi kepada Gubernur Anies Baswedan yang memberikan perhatian kepada warganya. Tetapi sebagai warga DKI Jakarta, pengembang mengharapkan juga adanya perhatian.

"Sebagai pengembang, sebagai warganya boleh kiranya beliau juga mengundang kami. Atau kami yang mengundang beliau, sehingga Pak Gubernur mendapat informasi yang berimbang. Di REI DKI saat ini ada 400 pengembang yang sebagian besar membangun rusun atau apartemen, kami pun turut ikut berperan dalam pembangunan Ibukota," ujar Amran.

Ditambahkan, sebenarnya peran pengembang adalah sebagai pelaku pembangunan. Setelah rumah atau apartemen dibangun, kemudian dijual dan diserahterimakan kepada pembeli. Pengelolaan dan lingkungan kemudian diserahkan kepada pemerintah daerah untuk rumah tapak, dan untuk apartemen diserahkan kepada PPPSRS. Memang berdasarkan UU, pengembang harus memfasilitasi terbentuknya perhimpunan penghuni.

"Kalau sudah selesai terjual disitu, pengembang biasa pindah membangun tower baru atau memikirkan pengembangan di tempat lain. Jadi kami tidak dapat apa-apa disitu," jelas dia.

Oleh karena itu, Amran mengaku miris membaca pemberitaan yang justru menjadikan pengembang sebagai sasaran tembak dalam kisruh di beberapa pengelolaan rumah susun di DKI Jakarta. Isu yang dihembuskan itu tidak punya korelasi, karena pengelolaan sudah ranah yang berbeda di luar peran pengembang sebagai pelaku pembangunan.

"Ada baiknya supaya kesalahpahaman ini tidak berkelanjutan. Kami dari REI DKI berharap bisa bertemu Pak Gubernur, duduk bareng untuk mendapatkan informasi yang berimbang secara beradab pula. Kami berharap semua pihak dapat menahan diri, sehingga tidak membuat kekisruhan di masyarakat," harap Amran.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)