Miris, Penduduk Miskin RI Lebih Banyak dari Jumlah Penduduk Australia

Rabu, 10 April 2019 - 15:13 WIB
Miris, Penduduk Miskin RI Lebih Banyak dari Jumlah Penduduk Australia
Miris, Penduduk Miskin RI Lebih Banyak dari Jumlah Penduduk Australia
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyebutkan, jumlah warga miskin di Indpnesia masih besar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2018 angka kemiskinan Indonesia turun menjadi 9,66% atau setara dengan 25,67 juta penduduk. Kata Bambang, jumlah ini masih lebih besar dibandingkan total penduduk Australia.

"Jumlah penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan itu lebih banyak dari total penduduk Australia yang 25 juta orang," ujar dia dalam acara Musrembang DKI Jakarta di Balai Agung, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Sementara dari angka pengangguran, pada Agustus 2018 mengalami penurunan ke angka 5,34% atau setara dengan 7 juta orang menganggur. Jumlah ini juga lebih besar dari total penduduk Singapura yang berdasarkan data Department Of Statistics Singapore sebesar 5,6 juta orang.

"Dengan 7 juta pengangguran itu jelas bukan angka yang kecil, lebih dari jumlah penduduk Singapura. Jadi mengurusi Indonesia memang bukan hal yang mudah," katanya.

Maka menurutnya, untuk mengatasi permasalahan tersebut tak bisa hanya mengandalkan pemerintah pusat, diperlukan juga peran penting pemerintah daerah. Pemerintah daerah diminta mampu untuk mengembangkan kebijakan daerah yang bisa menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

"Jangan semuanya bergantung pada kebijakan ekonomi nasional. Tapi juga harus ada kebijakan ekonomi lokal untuk menciptakan lapangan kerja dan mendorong ekonominya. Tidak bisa kita hidup ke era sentralisasi," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6221 seconds (0.1#10.140)