Kemenhub Akui Banyak Maskapai Alami Kerugian

Senin, 10 Juni 2019 - 20:08 WIB
Kemenhub Akui Banyak Maskapai Alami Kerugian
Kemenhub Akui Banyak Maskapai Alami Kerugian
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Direktorat Jendral Perhubungan Udara mengakui bahwa terdapat beberapa maskapai Indonesia mengalami kerugian keuangan. Dirjen Perhubungan Udara Polana Pramesti mengatakan, maskapai yang banyak tertimpa kerugian yakni Air Asia dengan total mencapai Rp1 Triliun

"Masih, dari laporan keuangan terakhir 2018 banyak yang rugi. Malan tidak ada yang untung, dimana Air Asia hampir Rp1 Triliun kalau tidak salah (kerugiannya). Sampai ekuitinya negatif," ujar Polana di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Dia menambahkan, bakal mengevaluasi mengenai masalah-masalah apa saja yang tengah dihadapi maskapai lokal. "Kita lagi menganalisis apa yang membuat maskapai rugi, lagi ada pengumpulan data. Karena memang enggak ada subsidi sama sekali ya," jelasnya.

Lebih lanjut terang dia, harus ada bantuan terhadap maskapai dalam meringankan beberapa beban operasional yang membuatnya terus merugi. Apalagi, kata dia Garuda Indonesia masih mengalami rugi.

"Kita harus bantu sih sebenarnya. Harusnya saling bantu, sharing the pain. Memberikan insentif serta keringanan karena akhirnya berdampak juga ke kita. Karena Garuda saja masih rugi," katanya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8720 seconds (0.1#10.140)