Laju Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Diproyeksi Berlanjut

Senin, 24 Juni 2019 - 23:24 WIB
Laju Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Diproyeksi Berlanjut
Laju Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Diproyeksi Berlanjut
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan laju peningkatan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) akan berlanjut meski terdapat potensi risiko khususnya terkait perilaku deposan dalam mengelola dana tunai pascalebaran.

Adanya perbaikan pertumbuhan DPK pada periode Maret sebesar 7,18% year on year (yoy) menurunkan celah pertumbuhan kredit dan DPK yang selanjutnya berdampak pada level Loan to Deposito Ratio (LDR) perbankan.

"Di sisi lain pertumbuhan kredit diproyeksikan masih akan tinggi sejalan dengan membaiknya persepsi dan sentimen debitur terhadap kepastian hasil pemilu," kata Direktur Group Surveilans & Stabilitas Sistem Keuangan LPS Doddy Ariefianto di Jakarta, Senin (24/6).

Pola ekspansi fiskal yang cukup agresif melalui belanja barang dan modal akan memberikan dampak positif terhadap laju pertumbuhan dana.

Pertumbuhan kredit perbankan hingga akhir Maret 2019 tumbuh positif mencapai 11,55% yoy. Menurut dia, masih adanya celah pertumbuhan ini menyebabkan presistensi tekanan likuiditas pada beberapa kelompok bank dalam upaya mendapatkan dana masyarakat.

Meski demikian, LPS memproyeksi sampai dengan akhir tahun 2019 pertumbuhan kredit dan DPK akan mencapai masing-masing sebesar 12% dan 8,5%.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pun memandang terbuka ruang untuk mendorong pertumbuhan kredit tanpa mengganggu stabilitas sistem keuangan. Siklus kredit yang berada di bawah level optimum dan terdapatnya potensi peningkatan kredit memungkinkan berlanjutnya kebijakan makroprudensial akomodatif.

"Kami memperkirakan kredit perbankan 2019 berada pada kisaran 10-12% (yoy) sedangkan DPK tumbuh dalam kisaran 8-10%," katanya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0150 seconds (0.1#10.140)