Ini Jadwal untuk Tiket Murah Maskapai LCC Rute Domestik

Senin, 01 Juli 2019 - 21:01 WIB
Ini Jadwal untuk Tiket Murah Maskapai LCC Rute Domestik
Ini Jadwal untuk Tiket Murah Maskapai LCC Rute Domestik
A A A
JAKARTA - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, harga tiket murah untuk maskapai penerbangan LCC (low cost carrier) hanya pada jam dan hari tertentu, yakni setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.

"Setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk jam keberangkatan antara pukul 10:00-14:00 (waktu lokal berdasarkan masing-masing bandara). Lalu alokasi seat tertentu dari total kapasitas pesawat diberikan diskon 50% dari TBA," ujar Suswijono di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Dia menambahkan, ketentuan itu dibuat sesuai komitmen pemerintah menjamin ketersediaan penerbangan murah bagi masyarakat. Biaya penerbangan murah ini akan ditanggung bersama oleh maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar, dan Airnav.

"Kami berkomitmen untuk tetap menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat. Terkait Jadwal flight dan sharing cost secara spesifik akan dibahas kembali di rakor yang akan datang," jelas Susiwijono.

Sebagai informasi, hasil evaluasi penurunan Tarif Batas Atas (TBA) menunjukkan, rata-rata harga tiket pesawat maskapai Lion Air terhadap TBA turun dari 54,2% menjadi 42,7%, atau secara persentase penurunan harga tiketnya mencapai 11%. Sedangkan AirAsia mencapai 38,3% dari TBA.

Dengan upaya bersama ini, diyakini harga tiket pesawat maskapai LCC kelas ekonomi yang melayani penerbangan domestik di Indonesia dapat bergerak di bawah 50% terhadap TBA.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7826 seconds (0.1#10.140)