OJK Catat Total Premi Asuransi Mikro Hingga Juni Capai Rp2,8 Triliun

Sabtu, 27 Juli 2019 - 05:15 WIB
OJK Catat Total Premi Asuransi Mikro Hingga Juni Capai Rp2,8 Triliun
OJK Catat Total Premi Asuransi Mikro Hingga Juni Capai Rp2,8 Triliun
A A A
BANYUWANGI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total klaim asuransi mikro dari Januari hingga Juni 2019 sebesar Rp2,8 triliun. Direktur IKNB Syariah Mochamad Muchlasin mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 53 perusahaan telah menjual produk asuransi mikro.

Hal ini seiring dengan auransi mikro yang cenderung mengalami pertumbuhan setiap tahun. "Baik dalam hal jumlah peserta, premi, maupun klaim," ujar Mochammad di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dia menambahkan, jumlah peserta asuransi mikro sudah cukup banyak namun total premi asuransi mikro hanya mencapai ± 0,5 % dari total premi industri asuransi. "Karena premi asuransi mikro harus terjangkau oleh masyarakat," jelasnya.

Untuk itu, OJK menginstruksikan perusahaan asuransi harus memiliki perjanjian kerja sama dengan agen laku pandai. Hal ini agar meningkatkan penggunaan asuransi mikro. "Agen laku pandai wajib memperoleh pelatihan mengenai produk asuransi mikro yang akan dipasarkan, namun tidak wajib memmiliki sertifikat agen asuransi," terang dia.

Sementara itu, perusahaan yang telah memasarkan asuransi mikro bekerja sama dengan agen Laku Pandai yakni PT Asuransi BRI Life bekerja sama dengan Agen BRILink dalam memasarkan produk AMKKM. Total peserta per Juni 2019 mencapai 681.143. Lalu PT BNI Life Insurance bekerja sama dengan Agen 46 dalam memasarkan produk Asuransi Mikro Pandai dan Asuransi Mikro Pandai Plus dengan total peserta Per Juni 2019 yakni 489 peserta.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3448 seconds (0.1#10.140)