Menperin Pastikan Mobil Esemka Pakai Komponen Lokal

Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:15 WIB
Menperin Pastikan Mobil Esemka Pakai Komponen Lokal
Menperin Pastikan Mobil Esemka Pakai Komponen Lokal
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan bahwa produksi Mobil Esemka memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sangat tinggi. Sebelumnya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku produsen mobil Esemka pernah menegaskan, Esemka hanya dikembangkan dan diproduksi di Indonesia dengan komponen dari para pemasok lokal.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato mengatakan, pihaknya memastikan mobil buatan anak bangsa ini tidak banyak didominasi oleh komponen impor. Sehingga TKDN harus menjadi prioritas Mobil Esemka. "Ya kan tadi lihat aja Esemka di situ," ujar Menperin Airlangga Hartato di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Harjanto menyampaikan, produsen komponen dalam negeri sudah cukup beragam dan bisa dimanfaatkan untuk produksi masal Mobil Esemka. "Komponen mesin, aksesoris mobil, dan komponen sistem kemudi sudah bisa diproduksi oleh produsen dalam negeri," katanya.

Dia menambahkan, industri komponen otomotif perlu sentuhan teknologi yang lebih besar agar bisa menghasilkan produk terbaik dengan harga yang bersaing. Lebih lanjut dia mengaku, bakal menjembatani Mobil Esemka dengan para produsen komponen lokal.

"Pokoknya kami mendorong peningkatan TKDN. Cuma memang kita harus perkuat komposisi kimia dan properti mekanik industri komponen supaya punya produk yang berkualitas," jelas Harjanto.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4001 seconds (0.1#10.140)