Menhub Ingatkan Peran Penting Pemda dalam Menyukseskan Tol Laut

loading...
Menhub Ingatkan Peran Penting Pemda dalam Menyukseskan Tol Laut
Menhub Ingatkan Peran Penting Pemda dalam Menyukseskan Tol Laut
JAKARTA - Pemerintah daerah memegang peran penting dalam mendorong percepatan pembangunan provinsi kepulauan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk meningkatkan ekonomi di provinsi kepulauan maka harus ada aksesibilitas yang baik dan menyertakan berbagai pihak, salah satunya peran Pemerintah Daerah (Pemda).

"Dibutuhkan kreativitas dan leadership yang baik dari pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah seperti perikanan dan peternakan dan sektor lainnya untuk mendukung keberhasilan program-program di sektor transportasi,” jelas Menhub di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Dia memaparkan, dalam meningkatkan sistem logistik nasional maka pemerintah memiliki fungsi menjaga keseimbangan agar penyebaran logistik merata.



Selain itu, pemerintah harus tetap menjaga kearifan lokal serta mengusahakan agar barang yang dihasilkan di daerah dapat bernilai lebih dan menghasilkan devisa.

Untuk itu, peran pemerintah daerah sangat penting untuk mensukseskan salah satu program strategis di sektor transportasi yaitu program tol laut.

“Di Kupang misalnya, angkutan barang diangkut melalui kapal besar. Namun untuk membawa barang tersebut ke kepulauan kecil disekitarnya, diperlukan kapal kecil. Kapal-kapal kecil yang mesti dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Menhub.



Menhub juga mengungkapkan, pihaknya terus mendorong peran serta Pemda misalnya dengan mengoptimalkan angkutan ternak di salah satu Provinsi Kepulauan yaitu di Nusa Tenggara Timur (NTT).
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top