Perkuat Hubungan Ekonomi, Perbankan Jerman Buka Kantor Perwakilan di Jakarta

Jum'at, 06 September 2019 - 05:48 WIB
Perkuat Hubungan Ekonomi, Perbankan Jerman Buka Kantor Perwakilan di Jakarta
Perkuat Hubungan Ekonomi, Perbankan Jerman Buka Kantor Perwakilan di Jakarta
A A A
JAKARTA - Perbankan asal Jerman, Landesbank Baden-Württemberg (LBBW) memperluas jaringan di Asia dengan membuka kantor perwakilan baru di Jakarta. Dengan demikian, LBBW sekarang diwakili secara internasional di 18 lokasi di 17 negara di seluruh dunia.

Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Indra Darmawan, mengapresiasi atas pembukaan kantor perwakilan baru LBBW di Jakarta. Diharapkan LBBW bisa meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Jerman yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Jerman terkenal dengan teknologinya. Kita bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi tersebut untuk kepentingan Indonesia," ujarnya di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam.

Indra melanjutkan, BKPM sangat mendukung LBBW untuk bisa ikut memberi andil terutama dalam pembiayaan ekspor. "Kehadiran LBBW akan sangat membantu Indonesia untuk meningkatkan usaha," tuturnya.

Anggota Dewan Direktur Pengelola LBBW yang bertanggung jawab untuk bisnis internasional, Christian Ricken, mengatakan LBBW bertujuan memberikan dukungan langsung kepada pelanggan menengah dan nasabah bank tabungan khususnya dengan kegiatan bisnis asing, terutama di pasar yang sedang tumbuh.

"Sebagai bagian dari strategi kami untuk bisnis internasional, kami ingin memperluas kegiatan bisnis kami secara khusus di Asia," ujarnya.

Menurut dia, Asia Tenggara merupakan wilayah ekonomi yang menarik untuk LBBW dan pelanggan menengahnya, terutama perusahaan yang sangat fokus pada ekspor dari Baden-Württemberg. Indonesia sebagai negara jumlah penduduk terbanyak di Asia Tenggara memiliki pasar pertumbuhan utama, dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 5% tahun ini.

"Dengan keahlian internasional kami dan kantor perwakilan baru, kami dapat menawarkan dukungan yang lebih baik kepada perusahaan dengan semua masalah yang berkaitan dengan layanan keuangan, mulai dari pembiayaan ekspor, lindung nilai hingga solusi pembayaran," tambah Ricken.

Kepala Kantor Perwakilan LBBW di Jakarta, Leonard Anilaputra Eggert, mengatakan LBBW memungkinkan untuk mengembangkan keahlian mendalam di bidang ekspor dan perdagangan keuangan serta pengetahuan luas tentang pasar lokal.

"Dengan kantor perwakilan di Jakarta, kami menawarkan pelanggan kami titik kontak lokal dimana kami dapat langsung membangun kontak penting dengan importir Indonesia, bank, lembaga dan otoritas publik. Penting juga bagi kami untuk memberikan informasi langsung tentang pasar lokal dan budaya bisnis mereka dengan cara ini," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6027 seconds (0.1#10.140)