Optimistis Perusahaan Indonesia di Atas Rata-rata

Rabu, 06 November 2019 - 23:05 WIB
Optimistis Perusahaan Indonesia di Atas Rata-rata
Optimistis Perusahaan Indonesia di Atas Rata-rata
A A A
JAKARTA - Perusahaan di Indonesia memiliki pandangan yang lebih optimis ketimbang perusahaan di kancah dunia, termasuk di wilayah Asia. Optimisme tersebut menyangkut prospek bisnis jangka pendek, menengah dan panjang. Hal ini didasari oleh keyakinan bahwa sejumlah kebijakan ekonomi makro yang diambil Pemerintah akan semakin memperkuat konsumsi domestik dan investasi.

Demikian kesimpulan yang diperoleh dari survei terbaru HSBC. Menurut survei HSBC yang bertajuk 'Navigator: Now, next and how' yang mengukur sentimen dan harapan dunia bisnis pada 35 pasar di seluruh dunia. "Para pebisnis di Indonesia memperlihatkan optimisme yang benar dengan tingkat kepercayaan lebih tinggi dibanding perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia termasuk di wilayah Asia,” kataDeputi Direktur, Commercial Banking, PT Bank HSBC Indonesia Anurag Saigal di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Adapun hasil survei komprehensif terhadap 9.131 perusahaan dari enam wilayah berbeda dan merupakan bagian dari serangkaian laporan 'Navigator' yang dipublikasikan oleh HSBC untuk mengetahui sentimen dan melihat masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan di seluruh dunia. Survei ini juga mencoba melihat rencana investasi para pebisnis, bagaimana mereka mengambil keputusan-keputusan penting, melakukan berbagai perubahan, serta mengembangkan bisnis.

Sebanyak 150 perusahaan dari Indonesia menjadi bagian dari sampel penelitian ini. HSBC menetapkan kriteria pengambilan sampel, yaitu perusahaan dengan omzet minimal USD1,75 juta dan batas korporasi sebesar USaf16,5 juta. Responden merupakan para pengambil keputusan kunci dan mereka yang memiliki pengaruh signifikan dalam pengambilan keputusan di perusahaan.

Indonesia Menjadi Pusat Perhatian Satu temuan penting dari survei ini adalah lebih dari setengah perusahaan Indonesia yang disurvei termasuk dalam kategori 'Navigator', yang berarti mereka mengharapkan penjualan tumbuh sebesar 15% atau lebih pada tahun berikutnya. Responden Indonesia juga merasa percaya diri atas prospek bisnis masa depan mereka, dimana sembilan dari sepuluh perusahaan Indonesia optimis tentang pertumbuhan, dibandingkan dengan setahun lalu.

"Optimisme di Indonesia berada di atas rata-rata Asia Pasifik, negara yang mendekati tingkat optimisme Indonesia adalah Bangladesh dengan 74% dan India dengan 72%," kata Anurag.

Optimistis juga terlihat terhadap prospek jangka pendek, menengah dan panjang. Responden dari negara kepulauan memiliki prospek positif untuk tahun depan, juga untuk lima tahun k e depan. "Mereka juga lebih optimis tentang pertumbuhan mereka dalam 12 bulan terakhir, level yang jauh di atas rata-rata global,” tambah Anurag.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)