LinkAja Luncurkan Transaksi Nontunai di Pasar Peterongan Semarang

Jum'at, 22 November 2019 - 05:42 WIB
LinkAja Luncurkan Transaksi Nontunai di Pasar Peterongan Semarang
LinkAja Luncurkan Transaksi Nontunai di Pasar Peterongan Semarang
A A A
SEMARANG - LinkAja menjalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan Kota Semarang meluncurkan solusi pembayaran nontunai bagi masyarakat yang berbelanja di Pasar Peterongan, Semarang.

Sedikitnya ada 65 merchant telah tergabung untuk menerima transaksi pembayaran non tunai menggunakan aplikasi LinkAja.

Menurut Head of East Ecosystem Expansion LinkAja, Shatria Putra, digitalisasi transaksi di pasar-pasar tradisional terus dilakukan LinkAja sebagai komitmen nyata dalam meningkatkan inklusi keuangan di seluruh lndonesia.

Dia menambahkan, digitalisasi transaksi di Pasar Peterongan juga sudah dilakukan dengan menggunakan QRIS, yang memungkinkan para penjual menyediakan satu QR Code saja untuk bisa digunakan di lebih dari satu operator pembayaran.

"Digitalisasi jual-beli yang LinkAja hadirkan di Pasar Peterongan merupakan solusi bagi pedagang pasar dan pembeli untuk mengubah kebiasaan penggunaan uang tunai yang merepotkan bagi kedua belah pihak, menjadi transaksi yang aman, nyaman, dan praktis," terang Shatria Putra, Kamis (21/11/19).

LinkAja berharap upaya ini dapat menjadi keuntungan kompetitif bagi pedagang untuk bersaing dengan berbagai tempat perbelanjaan modern, selain tentunya dapat berkontribusi bagi peningkatan kebiasaan bertransaksi secara elektronik, untuk meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia.

Sebelumnya, sosialisasi dan edukasi telah dilakukan secara bertahap kepada para pedagang pasar, agar mereka memahami pemanfaatan teknologi dalam sistem pembayaran pada kegiatan jual-beli yang dilakukan sehari-hari.

Dia menambahkan, di Pasar Peterongan juga telah disediakan experience booth dengan fasilitas top up saldo, yang memungkinkan para pembeli untuk bertransaksi nontunai secara langsung di berbagai merchant yang ada di Pasar Peterongan hingga satu bulan kedepan.

"Pasar Peterongan menjadi salah satu dari puluhan pasar traditional di Indonesia yang telah bekerja sama dengan LinkAja. Dan tahun ini tidak hanya di Semarang saja, kita targetkan dapat menjangkau di 50 pasar lainnya," jelasnya.

Sementara, beberapa pasar lainnya sudah lebih dahulu bekerja sama dengan LinkAja, diantaranya Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pasar Mayestik DKI Jakarta, Pasar Oro Oro Dowo Malang, dan beberapa pasar lainnya di Jawa dan Sumatra.

"Dengan hadirnya LinkAja, mekanisme pembayaran di pedagang pasar sekarang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, cukup memindai kode QR yang terpasang di masing masing lapak pedagang," tandasnya.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis, mengutarakan transaksi pembayaran nontunai yang difasilitasi oleh LinkAja ini mempunyai banyak kelebihan.

"Saat ini tidak lagi perlu banyak kartu-kartu, namun cukup menggunakan aplikasi LinkAja di smartphone masing-masing sudah bisa bertransaksi jual-beli yang jelas lebih praktis," ujar Nurkholis.

"Ada 52 pasar, di Semarang, dua diantaranya sudah melayani transaksi nontunai. Ke depan semoga tidak hanya di Pasar Peterongan saja, namun bisa diperluas ke pasar-pasar lainnya," harapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)