Dorong Ekspor, BRI Gelar UMKM Export

Rabu, 18 Desember 2019 - 14:37 WIB
Dorong Ekspor, BRI Gelar UMKM Export
Dorong Ekspor, BRI Gelar UMKM Export
A A A
JAKARTA - BRI menyiapkan event UMKM Export yang akan diselenggarakan pada 20 Desember 2019, sekaligus menyambut 124 tahun usia Bank BRI. Gelaran tersebut akan menghadirkan 155 UMKM orientasi ekspor yang sudah dikurasi Bank BRI dan 72 buyer asal luar negeri yang akan melakukan business matching dengan UMKM binaan BRI.

"Kami mengundang (Menkop UKM) Teten untuk menghadiri acara tersebut, dan mendapat apresiasi dan sambutan positif," ungkap Wakil Dirut BRI Catur Budiarto di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Catur menambahkan, gelaran tersebut juga sebagai apresiasi dari BRI terhadap UMKM binaan yang sudah melakukan kegiatan ekspor. "Event ini juga bertujuan agar UMKM bisa mengenal pasar yang lebih luas lagi," jelasnya.

Di acara ini juga, lanjut Catur, akan ada kegiatan yang dapat memperkaya kemampuan UMKM, diantaranya teknik pengemasan produk, teknik melakukan ekspor, dan banyak lagi. "Ini event pertama kali yang BRI lakukan, dimana ke depannya nanti akan selalu kita kembangkan, tentunya bersama Kemenkop dan UKM," kata Catur.

Selain gelaran UMKM ekspor, menurut Catur, pihaknya ke depan akan banyak melakukan sinergi pengembangan UMKM dengan Kemenkop dan UKM. "Dalam konteks pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM, merupakan tanggung jawab Menkop dan UKM. Sementara BRI akan mendukung dari sisi pembiayaan dan juga pembinaan. Kita pasti klop dengan sinergi tersebut," tegas Catur.

Catur menambahkan, fokus pembiayaan BRI akan diarahkan kepada UMKM sektor produksi dan berorientasi ekspor. "Sudah banyak UMKM binaan kita yang melakukan ekspor, dan akan terus kita tingkatkan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, akan ada empat fokus untuk showcase product di event itu, seperti home decoration, perhiasan dan kerajinan, makanan khas Indonesia, dan fashion. "Sebetulnya, UMKM binaan kita banyak, tapi di event ini hanya kita tampilkan 155 UMKM karena keterbatasan tempat," ucapnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8390 seconds (0.1#10.140)