Dinilai Tepat, Zulkifli Zaini Diyakini Bisa Tingkatkan Kinerja Keuangan PLN

Senin, 23 Desember 2019 - 15:45 WIB
Dinilai Tepat, Zulkifli Zaini Diyakini Bisa Tingkatkan Kinerja Keuangan PLN
Dinilai Tepat, Zulkifli Zaini Diyakini Bisa Tingkatkan Kinerja Keuangan PLN
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero). Keduanya akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN pada Senin (23/12/2019) petang ini.

Zuklifli dan Amien akan menggantikan dua pejabat pelaksana tugas yaitu Sripeni Inten Cahyani sebagai Plt. Dirut PLN dan Ilya Avianti yang merupakan Plt. Komisaris Utama PLN.

Menanggapi pilihan pemerintah melalui Kementerian BUMN tersebut, pengamat energi Fabby Tumiwa mengatakan Zulkifli merupakan sosok yang tepat untuk memimpin PLN.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini dinilainya akan mampu meningkatkan kinerja keuangan PLN agar lebih baik lagi untuk menduku penugasan pemerintah kepada BUMN kelistrikan tersebut. Sosok Zulkifli yang berlatar bankir dan ahli keuangan menurutnya sesuai untuk tugas tersebut.

"Concern terbesar persoalan yaitu keuangan PLN, ini menurut saya sesuatu yang utama, bagaimana PLN dalam posisi harus mencari pendanaan guna menyelesaikan proyek-proyeknya," ujar Fabby saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (23/12/2019). (Baca Juga: Jadi Dirut PLN, Begini Jejak Karir Zulkifli Zaini)

Fabby mengatakan, dengan memperbaiki kinerja keuangan PLN, akan membuat perseroan mampu membangun pembangkit-pembangkit listrik yang ditugaskan kepada perseroan melalui Program 35.000 MW dalam memenuhi kebutuhan listrik Indonesia di masa depan.
"Pemerintah semakin terbatas kemampuan pendanaannya. Setiap tahun PLN itu butuh ekuitas Rp60-65 triliun. Mungkin separuh bisa dipenuhi dari keuangan PLN, sisanya mesti melalui pinjaman, untuk itu finansial PLN harus baik, jadi itu pekerjaan Zulkfili dalam meningkatkan kinerja keuangan PLN," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7752 seconds (0.1#10.140)