Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Kuartal IV Tahun 2020

Rabu, 25 Desember 2019 - 21:01 WIB
Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Kuartal IV Tahun 2020
Ibu Kota Baru Mulai Dibangun Kuartal IV Tahun 2020
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bocoran terkait pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Menurut rencana, ibu kota baru akan mulai dibangun pada kuartal IV/2020 mendatang.

Rencananya pada tahun depan akan dimulai pembangunan infrastruktur dasarnya. Selain itu, beberapa bangunan seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan juga akan dibangun mulai 2020.

"Tahun 2020 prasarana dasarnya. Kalau yang kluster pendidikan dan kesehatan itu nanti," ujar Basuki di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Dia melanjutkan, pemenang desain ibu kota negara yang baru sudah ditetapkan. Nantinya, dari tiga peserta desain ibu kota baru ini akan bertemu untuk menyinergikan ide-idenya menjadi satu.

"Rencanannya di kuartal IV/2020. Jadi sekarang sudah ada pemenangnya. Tanggal 27 besok ini mereka akan kumpul dan kalau bisa disinergikan karena masing-masing ada plus-minusnya," jelasnya.

Basuki menambagkan, hasil gabungan desain para pemenang itu akan diserahkan kepada dirinya pekan depan. Setelah dapat, maka dia akan langsung mencocokan dengan kondisi yang ada di lapangan.

"Kan harus ada penyidikan tanah, pengukuran-pengukuran topografinya bisa jadi. Desain terutama jalan, bendungan, prasarana dasarnya kalau bisa hal itu dalam delapan bulanan sudah bisa detail desainnya," jelasnya.

Jika desain dan kondisi lapangan sudah cocok maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka tender untuk kontraktor yang akan membangunnya. Namun yang akan didahulukan adalah tender untuk pembangunan istana kepresidenan.

"Kalau bangunan mungkin juga akan ada sayembara misalnya istana yang ikonik itu, istana DPR, MPR, MA. Kalau sudah ada fix lokasinya di peta, mereka kan nentukan di istana mana, DPR, MPR," terangnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5314 seconds (0.1#10.140)