Jakarta Dikepung Banjir, BI Pastikan Layanan Operasional Berjalan Normal

Kamis, 02 Januari 2020 - 12:35 WIB
Jakarta Dikepung Banjir, BI Pastikan Layanan Operasional Berjalan Normal
Jakarta Dikepung Banjir, BI Pastikan Layanan Operasional Berjalan Normal
A A A
JAKARTA - Kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasional moneter Bank Indonesia (BI) tetap berjalan normal sehubungan kondisi banjir di wilayah Jabodetabek pada 1 Januari 2020 serta pasca kegiatan operasional BI pada Hari Raya Natal dan Akhir Tahun 2019. Adapun rangkaian kegiatan operasional dimaksud adalah Layanan sistem pembayaran nontunai.

Didukung terjaganya kegiatan operasional sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Lalu, layanan sistem pembayaran tunai (layanan kas) guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar.

Transaksi operasi moneter Rupiah dan valas didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga. Ditambah serta Kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia.

BI diterangkan akan senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga/otoritas terkait lainnya untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran nontunai dan tunai secara aman dan lancar bagi masyarakat. "Guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca BI akan berkordinasi dengan perbankan," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Ditekankan juga olehnya BI akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6393 seconds (0.1#10.140)