Pemerintah Pastikan Tidak Ada Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg

Kamis, 30 Januari 2020 - 15:39 WIB
Pemerintah Pastikan Tidak Ada Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg
Pemerintah Pastikan Tidak Ada Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bahwa selama ini tidak ada wacana pemerintah mencabut subsidi elpiji 3 kilogram (kg). Namun pemerintah memang berencana menerapkan mekanisme distribusi elpiji 3 kg secara tertutup supaya subsidi tepat sasaran.

“Sudah dipastikan bahwa tidak ada pengalihan subsidi sehingga menyebabkan kenaikan harga di pasaran. Tapi ke depan memang konsumsi elpiji 3 kg harus kita kontrol supaya tepat sasaran dengan melakukan kajian secara matang, uji coba dan sesuai dengan regulasi,” ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Alimuddin Baso saat diskusi bertajuk Perubahan Skema Elpiji 3 Kg di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menurut dia, saat ini kajian terkait distribusi elpiji 3 kg secara tertutup masih dalam kajian antar Lembaga/Kementerian. Kajian tersebut melibatkan Kementerian ESDM, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Adapun kajian tersebut salah satunya terkait kalayakan data penerima subsidi dan skema pembayaran subsidi. Rencananya pemerintah akan mengubah dari subsidi barang atau komoditas dialihkan menjadi subsidi langsung diterima masyarakat.

“Apakah nanti menggunakan sistem biometrik maupun barcode ini masih dalam kajian bersama. Selain itu kami juga masih melakukan pematangan data penerima supaya subsidi benar-benar tepat sasaran dan dapat diterima bagi yang berhak,” kata dia.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4962 seconds (0.1#10.140)