Harga Tembus Rp100.000 per Kg, Mentan Segera Pasok Cabai dari Kalimantan dan Sulawesi

loading...
Harga Tembus Rp100.000 per Kg, Mentan Segera Pasok Cabai dari Kalimantan dan Sulawesi
Harga Tembus Rp100.000 per Kg, Mentan Segera Pasok Cabai dari Kalimantan dan Sulawesi
JAKARTA - Harga cabai mengalami kenaikan dalam beberapa hari belakangan ini. Bahkan, cabai merah menyumbang inflasi sebesar 0,13% terhadap inflasi Januari 2020 yang sebesar 0,39%.

Berdasarkan pantauan di Pasar Senen, Jakarta Pusat, hari ini harga cabai rawit merah mencapai Rp100.000 per kg dan cabai merah keriting Rp80.000 per kg.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kenaikan harga cabai dikarenakan sebelumnya terjadi kemarau panjang dan kemudian banjir ketika masuk musim hujan. Hal ini menyebabkan penanaman cabai tertunda.

"Kalau cabai agak naik sekarang itu karena kemarau yang panjang kemarin dan banjir sehingga Jawa terjadi delay penanaman, karena itu hasilnya juga akan dimulai sampai Februari akhir," ujarnya usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/2/2020).



Menurut dia, beberapa wilayah seperti di Kalimantan dan Sulawesi sudah panen sehingga pasokan tersebut akan didistribusikan ke wilayah Jawa.

"Di Kalimantan dan Sulawesi sementara panen. Karena itu suplai didekatkan ke sini. Kami laporkan ke Kementerian Perdagangan," ungkapnya.

Syahrul melanjutkan, pemerintah juga akan memperbaiki rantai distribusi dalam pengangkutan dari sebelumnya melalui transportasi laut menjadi transportasi udara untuk mempercepat pasokan ke wilayah Jawa.



"Ini soalnya ada di hilir, bagaimana transportasi laut kita tingkatkan menjadi transportasi udara, dan kami sudah sepakat untuk membicarakan dengan Kementerian Perhubungan dan lain-lain yang bisa memfasilitasi," jelasnya.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto mengatakan, anggaran untuk mempercepat rantai pasok distribusi telah disubsidi oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kementan yang menganggarkan. Memang sudah disediakan biaya ongkos angkut dan itu digunakan saat terjadinya harga-harga mengalami gejolak," tuturnya.

Selain cabai, komoditas yang terpantau mengalami kenaikan di Pasar Senen adalah bawang putih yang tercatat Rp45.000 per kg. Sedangkan harga bawang merah Rp35.000 per kg, daging ayam Rp30.000 per kg, telur ayam Rp21.000 per kg, dan daging sapi berkisar Rp110.000-115.000 per kg.
(ind)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top