alexametrics

Ibu Kota Baru Ramah Lingkungan, Suharso: Air Keran Bisa Langsung Diminum

loading...
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Suharso Manoarfa menerangkan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur akan memiliki konsep ramah lingkungan. Dimana dengan konsep ini, diyakini bakal memudahkan masyarakat yang tinggal di Kalimantan Timur.

Salah satunya yang dicontohkan oleh Suharso Manoarfa adalah, air keran yang nantinya ada di perumahaan akan bisa langsung diminum ketika kebersihannya sudah terjamin.

"Ibu kota negara harus the best on earth, smart inetegratred public trasnprot, inteligence city digital hub lalu intergated digital system dan kalau bisa kita di ibukota negara bisa minum dari air keran, gitu jadi sudah drinkable tap water. Kemudian smart waste management, waste to energy, inetgreated dan rislience city," ujar Suharso di Jakarta.



Sambung dia menerangkan, nantinya setiap prasana dan sarana Ibu Kota baru ini akan memiliki kualitas yang baik dan terjamin, dimana fasilitasnya akan berstandar dunia. "Ada univeristas internasional, research, ada industri digital dan inovasi, tenaga surga dan biodeisel, ada daerah destinasi baru untuk mice dan natural attraction bukan hanya jadi trendsetter nasional untuk standar layanan kota Indonesia tapi juga dunia," jelasnya.

Diterangkan juga olehnya pembangunan ibu kota baru ini nantinya akan dimulai pada akhir tahun 2020. Pembangunan Ibu Kota baru ini sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024. "Pada 2020 kita akan mulai dengan masterplan kemudian penetapan rencana tata ruang kawasan dan pembahasan rancangan undang-undang IKN ini," ungkapnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top