Resmi, KKP Akan Buka Kembali Ekspor Benih Lobster

Senin, 24 Februari 2020 - 18:06 WIB
Resmi, KKP Akan Buka Kembali Ekspor Benih Lobster
Resmi, KKP Akan Buka Kembali Ekspor Benih Lobster
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyebut, pemerintah akan segera merealisasikan ekspor benih lobster. Pemerintah berdalih hal itu untuk menghindari penyelundupan benih lobster untuk diekspor yang dikhawatirkan dapat mengganggu keberlanjutan ekosistem lobster di alam.

"Sudah semua. Tunggu waktunya nanti akan kami umumkan," ujar Edy di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Senin (24/2/2020).

Dia juga memastikan akan menyerahkan revisi Permen Nomor 56 Tahun 2016, tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Secepatnya kami serahkan ke Presiden Jokowi dan diharapkan Maret, bulan depan, sudah selesai," ungkap dia.

Seperti diketahui, kebijakan pelarangan ekspor benih lobster dikeluarkan oleh Mantan Menteri KKP Periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 56 Tahun 2016, tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia.

Sebelumnya, mewabahnya virus corona di China membuat ekspor lobster Australia dihentikan. China yang menjadi pangsa pasar utama lobster saat pekan perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Penjualan lobster dihentikan ke China karena keputusan Pemerintah China untuk menutup dan melarang berpergian ke sejumlah kawasan di China, untuk mencegah penyebaran virus corona.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5175 seconds (0.1#10.140)