OJK Minta Perbankan Berhati-hati Salurkan Kredit

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:24 WIB
OJK Minta Perbankan Berhati-hati Salurkan Kredit
OJK Minta Perbankan Berhati-hati Salurkan Kredit
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengingatkan kepada perbankan untuk berhati-hati dalam menyalurkan kredit. Terutama, pada pengusaha yang belum mau berekspansi pada usahanya.

Menurutnya, terlalu berisiko jika perbankan menyalurkan kredit yang kepada pengusaha yang masih mengandalkan usaha yang ada.

"Suku bunga mau diturunkan berapapun kalau ternyata para pengusaha ini tidak ada ekspansi usahanya, enggak akan mengambil. Bahkan kita berpesan ke industri keuangan, hati-hati jangan sampai berikan kredit ke pengusaha yang sebenarnya tidak perlu, bisa-bisa terlalu kreatif," ujar Wimboh di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Wimboh menuturkan, harusnya perbankan konsentrasi dengan menyalurkan kredit kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dilakukan agar UMKM bisa memperluas kapasitas produksi yang nanti bisa memperkuat ekonomi di tengah dampak virus corona.

"Jadi bagaimana stimulate UMKM. UMKM tidak bisa hidup begitu saja. harus stimulus, bina satu kluster, bisa nelayan energi pertanian," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1327 seconds (0.1#10.140)