OJK Siapkan Stimulus Menjaga Ekonomi dari Dampak Corona

Kamis, 27 Februari 2020 - 15:05 WIB
OJK Siapkan Stimulus Menjaga Ekonomi dari Dampak Corona
OJK Siapkan Stimulus Menjaga Ekonomi dari Dampak Corona
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan kebijakan stimulus untuk menjaga pertumbuhan perekonomian nasional sebagai kebijakan counter cyclical dalam mengantisipasi down-side risk dari penyebaran virus corona.

Langkah stimulus tersebut, antara lain: Pertama, relaksasi pengaturan penilaian kualitas aset kredit dengan plafon sampai dengan Rp10 miliar, hanya didasarkan pada satu pilar yaitu ketepatan pembayaran pokok dan/atau bunga, terhadap kredit yang telah disalurkankepada debitur di sektor yang terdampak penyebaran virus corona (sejalan dengan sektor yang diberikan insentif oleh pemerintah).

Kedua, relaksasi pengaturan restrukturisasi kredit yang disalurkan kepada debiturdi sektor yang terdampak penyebaran virus corona (sejalan dengan sektoryang diberikan insentif oleh pemerintah).

Ketiga, relaksasi pengaturan ini akan diberlakukan sampai dengan satu tahun setelah ditetapkan, namun dapat diperpanjang bila diperlukan.

"Kebijakan stimulus OJK ini diharapkan bisa memitigasi dampak pelemahan ekonomi global terhadap pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional," terang Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dia menambahkan upaya ini juga untuk memperbaiki kinerja perekonomian, selain peningkatan tensigeopolitik di Timur Tengah dan belum selesainya isu perang dagang antara AS dan China, dunia juga dihadapkan pada kasus virus corona yang dampaknya tidakdapat dikatakan kecil bagi perekonomian global.

Salah satu dampak langsung dari perkembangan tersebut adalah ke perekonomian China yang kontribusinya terhadap PDB dunia mencapai 16%.

"Diperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan mencapai level terendah selama 29 tahun terakhir, yang akan berdampak pula pada pertumbuhan perekonomian negara-negara mitra dagangnya," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4859 seconds (0.1#10.140)