Anjlok 4%, OJK Pantau Ketat Pergerakan IHSG

Jum'at, 28 Februari 2020 - 14:41 WIB
Anjlok 4%, OJK Pantau Ketat Pergerakan IHSG
Anjlok 4%, OJK Pantau Ketat Pergerakan IHSG
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyikapi penurunan tajam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang dalam perdagangan hingga siang ini telah melemah hingga 4%. Pada sesi pertama perdagangan hari ini, IHSG ambruk 4,04% atau 223,73 poin ke level 5.311,96.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, pelemahan IHSG beberapa hari ini sejalan dengan tekanan yang terjadi di berbagai bursa saham dunia. Kondisi ini dilatarbelakangi oleh sentimen negatif penyebaran virus corona yang semakin meluas ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS).

Menurut dia, OJK akan memperhatikan secara ketat perkembangan dan dinamika pasar saham baik global, regional maupun domestik. OJK akan terus berkoordinasi dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melakukan langkah-langkah yang dibutuhkan sesuai dengan kewenangan.

"OJK bersama Pemerintah dan BI telah dan akan terus mensinergikan kebijakan untuk memberikan stimulus dan menjaga kepercayaan publik khususnya investor," ujar Sekar di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Sehari sebelumnya, BEI menyebutkan telah menyiapkan protokol krisis apabila pelemahan IHSG semakin memburuk. Penurunan IHSG ke bawah level psikologis 5.600 dinilai bisa mengancam kondisi perekonomian nasional.

"Kami melakukan pemantauan apalagi IHSG turun lebih dari 2%. Tapi belum sampai masuk protokol krisis karena itu sekarang statusnya sedang berjaga-jaga," ujar Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo, Kamis (27/2) lalu.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7003 seconds (0.1#10.140)