Cegah Penularan Corona dari Luar, Kadin Usul Perluasan Travel Ban

loading...
Cegah Penularan Corona dari Luar, Kadin Usul Perluasan Travel Ban
Cegah Penularan Corona dari Luar, Kadin Usul Perluasan Travel Ban
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah untuk segera menahan arus kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia khususnya dari negara-negara dengan temuan kasus positif corona yang banyak.

"Pemerintah perlu mempertimbangkan perluasan travel ban sementara dari negara-negara yang jumlah penderitanya meningkat untuk mengontrol penyebaran virus yang bersumber dari pendatang asing," ujar Wakil Ketua Umum Kadin bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dia melanjutkan, pemerintah juga perlu mempertimbangkan apakah perlu meminta bantuan dari negara sahabat untuk membantu mendeteksi wabah ini di tempat di Indonesia yang fasilitas medis pendeteksi virusnya belum memadai.

"Karena ini belum memadai, seperti Jakarta agar deteksi dan containment penyebaran wabah ini di Indonesia bisa cepat, efektif dan efisien dilakukan sebelum membawa dampak ekonomi dan sosial yg lebih besar," tandasnya.



Dia menambahkan, jika tidak ditangani dengan transparan dan profesional, ketidakpercayaan masyarakat akan bertambah dan bisa terjadi kepanikan di pasar seperti yang sempat terjadi di Singapura.

"Ini harus kita hindari. Pemerintah harus melakukan containment setelah ada temuan ini. Masyarakat juga harus diberikan arahan terkait apa yang perlu dilakukan untuk mencegah terjangkit wabah ini atau apa yang perlu dilakukan bila ada orang disekitarnya yang sakit," jelasnya.
(ind)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top