Plafon Juga Berfungsi untuk Gudang, Kenapa Tidak?

Rabu, 04 Maret 2020 - 10:45 WIB
Plafon Juga Berfungsi untuk Gudang, Kenapa Tidak?
Plafon Juga Berfungsi untuk Gudang, Kenapa Tidak?
A A A
JAKARTA - Banyak orang tahu ruang di bagian atas plafon berfungsi sebagai kantong udara untuk menahan panas. Namun, sedikit yang tahu bahwa antara genting dan langit-langit rumah itu sangat fungsional untuk dijadikan gudang.

Jika tertarik untuk membuat ruangan seperti itu, Anda bisa melakukannya sejak awal saat mendirikan rumah, atau dibuat setelah rumah selesai. "Membuat gudang yang direncanakan sejak awal akan berpengaruh pada pembuatan konstruksi kuda-kuda dan rangka atap," sebut arsitek Kristoporus Primeloka.

Kris menyebutkan, jika perencanaan itu dilakukan sejak awal pembangunan rumah, Anda tidak perlu merevisi rangka atap untuk membuat sistem ventilasi udara dan pencahayaan. Tentu hal itu sangat berbeda dengan membuat gudang belakangan dan tanpa perencanaan.

Untuk bisa menciptakan gudang yang apik, buatlah gantungan kayu ke rangka atap yang membentuk ruang. Ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruang di atas plafon.

"Gantungan kayu ini harus dirancang kuat karena akan menahan beban barang," kata pria yang juga koordinator ASF (Architecture Sans Frontieres).

Rangka plafon yang terdiri dari balok kayu pun harus mampu menahan pijakan karena penghuni rumah akan sering keluar masuk gudang saat menyimpan dan mengambil barang. "Kita harus memperhitungkan kemungkinan terjadi kebocoran di atap," kata Kris.

Karena itu, Kris meminta pemilik rumah melakukan perhitungan yang teliti agar kekuatan struktur kuda-kuda dan rangka atap, termasuk material atapnya, benar-benar kuat dan memadai untuk menahan barang-barang di gudang.

Kris menyarankan bahwa material atap sebaiknya dipilih dari bahan berbobot ringan, seperti seng atau baja ringan. Namun, bisa juga Anda menggunakan atap keramik yang lebih menarik.

Meski berada di atas plafon, gudang tidak boleh berkesan gelap dan pengap. Ruang ini juga harus memiliki pencahayaan dan sirkulasi yang baik. "Pemuatan jendela atau skylight akan menghasilkan pencahayaan alami pada siang hari," katanya.

Sirkulasi udara di dalam gudang pun dapat dihasilkan dari bukaan jendela. Bentuk jendela atau skylight biasanya mengikuti kemiringan atap.

Bila dana yang tersedia mencukupi, Anda dapat memasang lapisan multipleks untuk bagian lantainya. Biasanya, lantai berbahan dasar kayu membuat tampilan gudang di atas plafon terkesan lebih bersih.

"Jika berbahan dasar kayu, lantai juga akan awet dan memiliki nilai estetika. Bahkan, lantai kayu itu bisa menggunakan sentuhan pelitur atau melamik sehingga suasana gudang akan terasa lebih nyaman kalau kita masuk ke dalamnya, dan bukan sekadar dijadikan ruang penyimpanan," sebut Kris.

Untuk masuk ke dalam gudang di atas plafon, Anda juga dapat menciptakan sebuah lubang di langit-langitnya. Penggunaan jenis tangga lipat memanjang yang tegak lurus juga sangat ideal dilakukan karena bisa menghemat ruang.

Namun, tangga jenis ini sering menyulitkan saat Anda membawa barang-barang yang akan disimpan ke atas. Sebab, Anda harus memasang terlebih dulu tangga lipat tersebut sebelum digunakan.

Jika ruang memungkinkan, sebetulnya Anda bisa membuat tangga kayu permanen. Dengan jenis tangga ini, Anda bisa membuat bordes di dekat pintu masuk.

”Pintu masuk ke gudang bisa dibuat dengan lapisan plafon yang dibuka ke arah atas atau dengan cara digeser. Namun, pertimbangkan ukuran pintu agar bisa dilalui barang-barang besar," lanjutnya.

Bila seluruh aspek pembuatan gudang telah terlaksana, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara teratur. Sebab, tanpa perawatan yang baik, barang-barang yang Anda simpan di ruang gudang di atas plafon itu akan kotor dan kemungkinan rusak. Apalagi jika ternyata ada kebocoran di genting tepat di atas bangunan gudang tersebut. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5399 seconds (0.1#10.140)