Cara Menghitung dan Memasang Rangka Atap Baja Ringan

Rabu, 18 Maret 2020 - 11:25 WIB
Cara Menghitung dan Memasang Rangka Atap Baja Ringan
Cara Menghitung dan Memasang Rangka Atap Baja Ringan
A A A
Agus Kriswandi

Pitaloka Land

Tulisan ini merupakan bagian dari tulisan pekan lalu yang membahas tips memasang kusen pintu dan jendela. Kali ini kita akan membahas cara memasang rangka atap baja ringan.

Membangun rumah yang kuat dan kokoh harus menggunakan bahan bangunan berkualitas, salah satunya baja ringan. Saat ini material tersebut menjadi pilihan favorit dalam membuat struktur atap rumah.

Atap baja ringan terbuat dari material baja yang lebih ringan dan tipis dibandingkan baja konvensional. Selain tipis, baja ringan juga mudah dibentuk dan lebih murah daripada atap kayu, tetapi tidak kalah kokoh.

Sebelum memasang rangka atap baja ringan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung volume atap rumah dan membuat gambar kerja. Volume atap rumah dihitung menggunakan ukuran per meter persegi dengan rumus (panjang bangunan + overstek genteng kedua sisi) x (lebar bangunan + overstek genteng kedua sisi) / derajat kemiringan atap genteng (cos derajat). Misalnya, rumah yang dibangun memiliki panjang 6 meter dan lebar 12 meter dengan overstek berukuran 2 meter tiap sisinya dengan kemiringan atap 30 derajat, maka volume atap baja ringan adalah (6 + 2 + 2) x (12 + 2 + 2) / (cos 30 = 0,866) sehingga hasilnya 185 m2.

Setelah menghitung volume atap dan membuat gambar kerja, memilih jenis baja ringan menjadi hal yang sangat penting. Pilihlah rangka baja sesuai fungsinya. Baja ringan bermutu tinggi (high tension steel) minimal telah memenuhi standar G550.

Standar tersebut bisa dikatakan sebagai nilai tegangan tarikan sebuah baja ringan. Selain itu, pilihlah baja ringan yang memiliki bahan antikorosi.

Selanjutnya, pasang rangka atap. Pada dasarnya memasang rangka atap baja ringan mempunyai persyaratan teknis dan langkah kerja sistematis.

Langkah awal sebelum memasang rangka baja ringan yaitu pastikan membuat struktur pendukungnya (kolom atau ringbalk) agar posisi rangka atap baja ringan dapat terpasang sesuai letaknya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1318 seconds (11.210#12.26)