Turunkan Harga Gula, Kementerian Perdagangan Gelar Operasi Pasar

Jum'at, 20 Maret 2020 - 19:20 WIB
Turunkan Harga Gula, Kementerian Perdagangan Gelar Operasi Pasar
Turunkan Harga Gula, Kementerian Perdagangan Gelar Operasi Pasar
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar gula di Pasar Petojo, Jakarta Pusat untuk menurunkan harga gula pasir yang melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan, pasokan gula bagi masyarakat di DKI Jakarta dan provinsi lainnya dapat tercukupi. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dua produsen gula, yaitu Gulaku dan Sungai Budi untuk memasok peritel modern yang ada di Jakarta.

"Perlu diketahui komitmen yang sudah dibuat oleh para produsen gula di wilayah Lampung akan dipasok sebanyak 33.000 ton untuk wilayah DKI dan sekitarnya," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Suhanto melanjutkan, operasi pasar akan terus dilaksanakan hingga harga gula stabil. Dalam operasi pasar kali ini, Kemendag menjual harga gula pasir Rp12.500 per kilogram (kg). Khusus Pasar Petojo, akan digelontorkan 5 ton.

Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok baik itu minyak goreng, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai.

"Kami pastikan di dalam masa menyebarnya virus corona (Covid-19) maupun menjelang Ramadhan ini pemerintah akan langsung hadir di tengah masyarakat dan meyakinkan pasokan cukup," tandasnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Kementerian Perdagangan (Kemendag) per 17 Maret, harga gula pasir mengalami kenaikan sekitar 20% menjadi sekitar Rp17.000 per kg. Padahal, harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp12.500 per Kg.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3722 seconds (0.1#10.140)