Sri Mulyani Optimis Perdagangan Internasional Segera Pulih

Jum'at, 27 Maret 2020 - 13:59 WIB
Sri Mulyani Optimis Perdagangan Internasional Segera Pulih
Sri Mulyani Optimis Perdagangan Internasional Segera Pulih
A A A
JAKARTA - Pemerintah optimistis kegiatan perdagangan internasional yang tertekan pandemi virus corona atau Covid-19 akan segera pulih. Hal ini didasari mulai meredanya penyebaran virus corona di China dan berangsur pulihnya kegiatan produksi dari mata rantai jaringan produksi global.

"Dalam situasi ini menangani Covid-19 kita menjaga suplai perdagangan. Itu terlihat dari Presiden Xi Jinping membagikan pengalamannya dan merespons untuk menaikkan kapasitas produksi mereka karena banyak supply chain yang selama ini di China berhenti tapi kembali perlahan membaik," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Dia melanjutkan, sektor produksi dan distribusi China yang kembali pulih akan berimbas positif pada alur perdagangan internasional. Indonesia termasuk yang sangat bergantung pada kegiatan ekspor-impor dengan China.

"Kita tentu di Indonesia melakukan respons ekonomi seperti dalam pertemuan G-20, semua negara anggota bersepakat untuk meminimalkan disrupsi terhadap perdagangan internasional dan global supply chain. Para anggota juga berkomitmen saling mendukung upaya pemulihan ekonomi," jelasnya

Dia menambahkan, pelemahan ekonomi di China langsung berefek pada Indonesia, terutama di industri pengolahan atau manufaktur, perdagangan internasional, dan jasa pariwisata. Namun jika virus mereda, semuanya diperkirakan kembali membaik.

"Kita juga telah menerapkan instrumen kebijakan untuk menggairahkan ekonomi, salah satunya paket kebijakan stimulus fiskal dan keseluruhan," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4084 seconds (0.1#10.140)