Ekonom Sebut Inflasi Rendah Karena Konsumsi Masyarakat Melemah

Kamis, 02 April 2020 - 05:37 WIB
Ekonom Sebut Inflasi Rendah Karena Konsumsi Masyarakat Melemah
Ekonom Sebut Inflasi Rendah Karena Konsumsi Masyarakat Melemah
A A A
JAKARTA - Ekonom BNI Ryan Kiryanto menilai rendahnya inflasi secara bulanan (month to month) maupun tahunan (year on year) di tiga bulan pertama 2020 ini perlu dicermati lebih dalam.

Menurut Ryan, melemahnya inflasi disebabkan menurunnya daya beli sebagian masyarakat akibat efek negatif pandemi virus corona.

Penyebaran pandemi corona membuat sisi permintaan melemah, baik untuk harga yang diatur oleh pemerintah (administered prices) maupun yang tidak diatur oleh pemerintah.

"Tapi bisa juga rendahnya inflasi ditopang oleh keberhasilan TPI Pusat dan Daerah dalam mengendalikan kestabilan harga di daerah-daerah. Jadi karena kombinasi keduanya," ujar Ryan saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Ryan menekankan inflasi ini tetap harus dicermati lebih dalam, karena kemungkinan besar tingkat konsumsi masyarakat yang melemah, lalu terindikasi dari banyaknya penurunan kapasitas produksi pabrik, pengurangan jam kerja karyawan, work from home, social distancing, karantina wilayah, dan disrupsi sektor manufaktur karena efek Covid-19.

"Jadi bisa dikatakan kondisi perekonomian nasional sedang dalam fase perlambatan atau pelemahan sehingga pemerintah merilis kebijakan stimulus sektor riil, keuangan dan bantuan sosial," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8004 seconds (0.1#10.140)