Pertamina Berdayakan UMKM Suplai 3.000 Paket Nutrisi ke Tenaga Medis

Sabtu, 04 April 2020 - 01:38 WIB
Pertamina Berdayakan UMKM Suplai 3.000 Paket Nutrisi ke Tenaga Medis
Pertamina Berdayakan UMKM Suplai 3.000 Paket Nutrisi ke Tenaga Medis
A A A
JAKARTA - Merebaknya wabah virus corona di Indonesia memberi dampak penurunan omzet terhadap para pelaku ekonomi, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV berpedoman pada konsep CSV (Creating Shared Value), menggandeng para UMKM yang tergabung dalam Program Kemitraan Pertamina, menyuplai 3.000 paket nutrisi bagi tenaga medis yang bekerja di 4 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kota Semarang selama dua pekan kedepan, terhitung mulai Kamis (2/4).

Menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Anna Yudhiastuti, menurunnya omzet pelaku UMKM dikarenakan adanya perlambatan perputaran uang imbas sepinya pembeli.

"Pertamina Marketing Operation Region IV yang saat ini tengah membina 969 UMKM di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya meningkatkan pendapatan mereka dengan memadukan antara pembelian produk dan bantuan penanggulangan Covid-19. Kami memberikan stimulus kepada para UMKM yang dibina dengan cara membeli produk mereka untuk dijadikan bantuan nutrisi tambahan kepada para tenaga medis yang saat ini berjuang menanggulangi pasien Covid-19 khususnya di kota Semarang," ungkap Anna di Semarang, Jumat (3/4/2020).

Anna menambahkan, mitra binaan UMKM seperti warung nasi dan catering atau yang bergerak di bidang konveksi menjadi pilihan utama Pertamina untuk dikerjasamakan dalam bantuan tersebut.

"Ini menjadi awal bagi kami untuk membantu UMKM yang kami bina dalam kondisi pandemi Covid-19. Semoga kedepannya banyak UMKM yang bisa kami berdayakan, baik untuk memasok bantuan CSR atau kami bantu dengan chanelling pemasarannya. Sehingga Pertamina bisa menciptakan nilai tambah yang positif untuk stakeholder atau biasa kita sebut dengan Creating Shared Value," jelas Anna dalam keterangan yang diterima SINDOnews di Jakarta.

CSV sendiri merupakan suatu konsep turunan dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). CSV mempunyai misi yang sama dengan CSR yaitu untuk misi sosial namun dengan pengaplikasian yang berbeda. CSV merupakan kegiatan yang menjadikan model bisnis (transaksi jual beli) yang mendatangkan laba (creating value) sebagai upaya perusahaan membantu menyelesaikan permasalahan sosial di sekitarnya.

Sementara itu, mitra binaan Pertamina pemilik usaha "Moko Konveksi", Budi Turmoko, mengungkapkan bahwa dukungan dari Pertamina sangatlah membantu usahanya.

"Di saat seperti ini para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan yang cukup drastis. Setidaknya dengan adanya permintaan dari Pertamina, kami diberikan harapan untuk tetap melanjutkan usaha," ujar Budi.

Pertamina MOR IV memberikan bantuan nutrisi berupa 2.800 paket makanan siap saji dan 200 botol madu untuk tenaga medis ke 4 Rumah Sakit yaitu RSUD K.R.M.T Wongsonegoro, RSUD Tugurejo, RSU Wiliam Both dan RSU Telogorejo.

Selain itu, Pertamina MOR IV juga membantu sebanyak 4.000 masker kain yang telah disterilkan untuk dibagikan kepada para pasien ataupun keluarga yang mendampingi di lokasi Rumah Sakit yang sama.

"Para tenaga medis di empat Rumah Sakit yang diberikan bantuan, saat ini tengah menangani pasien PDP dan positif Covid-19. Sehingga kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan mereka. Sementara untuk masker yang dibagikan nantinya dapat bermanfaat mengurangi risiko penularan virus Covid-19," tutur Anna.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5196 seconds (0.1#10.140)