Konsumsi tinggi, RI perlu diversifikasi pangan

Minggu, 18 Maret 2012 - 14:22 WIB
Konsumsi tinggi, RI perlu diversifikasi pangan
Konsumsi tinggi, RI perlu diversifikasi pangan
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mendorong pemerintah membuat program diversifikasi pangan. Menurut dia, program tersebut perlu karena tingkat konsumsi beras nasional yang mencetak rekor tertinggi di dunia.

"Kami mendorong diversifikasi pangan. Ini patut diapresiasi misalnya ada program sehari tidak makan nasi," kata Anas di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan ini.

Menurut Anas, tingkat produksi beras nasional tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Menurutnya, jika tingkat konsumsi beras tidak bisa diturunkan, pilihan yang paling mungkin bagi pemerintah adalah mengimpor beras.

"Rakyat kita banyak. Kalau perkapita, konsumsi beras malah naik berarti konsumsi beras nasional akan terus tinggi. Itu memungkinkan terjadinya impor," ungkap Anas.

Anas juga mengingatkan pemerintah untuk terus meningkatkan produksi gabah. Menurut dia, jika tingkat konsumsi beras bisa ditekan dan produksi beras meningkat, pemerintah justru malah mengekspor beras. "Karena itulah, ke depan selain produksi beras dipacu, di sisi lain, konsumsi beras harus turunkan," tambah dia.

Selain itu, demi memuluskan program diversifikasi pangan, Anas berpendapat pemerintah juga menggalakkan produksi bahan pokok lain seperti jagung dan kedelai. "Kalau tidak disiapkan, rakyat akan makan apa?," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6400 seconds (0.1#10.140)