Empat tol Jatim ditarget selesai 2013

Jum'at, 11 Mei 2012 - 13:21 WIB
Empat tol Jatim ditarget selesai 2013
Empat tol Jatim ditarget selesai 2013
A A A
Sindonews.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memproyeksikan pertengahan tahun depan, empat proyek jalan tol di Jawa Timur (Jatim) akan rampung. Empat proyek itu terdiri atas, Gempol-Pandaan, Gempol- Pasuruan, Porong-Gempol dan Surabaya-Mojokerto.

Kepala Divisi Pengembangan Usaha Jalan Tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dedi Krisnariawan mengatakan, pihaknya saat ini berupaya untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol, khususnya untuk Surabaya-Mojokerto. Salah satunya dengan menambah jam kerja hingga pelibatan tenaga kerja dalam penyelesaian proyek tersebut.

Dia menambahkan jalan tol Gempol-Pandaan diperkirakan menelan investasi sebesar Rp1,2 triliun. Proyek ini diharapkan selesai Agustus 2013. Sedangkan untuk nilai investasi ruas jalan Tol Porong- Gempol sebesar Rp1,5 triliun dan Gempol-Pasuruan Rp2,4 triliun. Tiga ruas jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pemerintah pusat merealisasikan jalan Tol Trans Jawa, mulai dari Banyuwangi hingga Anyer.

”Untuk tahun ini, kami tidak ada proyek pembangunan jalan tol baru. Kami berupaya menyelesaikan proyek yang ada sekarang. Kemudian tahun, banyak jalan tol yang akan beroperasi,” katanya usai seminar nasional yang diselenggarakan Serikat Pekerja BUMN di salah satu hotel di Surabaya kemarin.

Berdasarkan site plan, ruas jalan Tol Gempol-Pandaan sepanjang 11,97 km akan terintegrasi dengan ruas jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 km dan Porong-Gempol sepanjang 10,05 km. Sedangkan jalan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,27 km.Pembangunan jalan Tol Surabaya- Mojokerto ini terbagi dalam empat seksi. Seksi I, menghubungkan ruas Waru-Lingkar Barat sepanjang 6,6 km.

Seksi II Western Ring Road-Driyorejo sepanjang 5,3 km. Seksi III Driyorejo-Krian sepanjang 6,1 km dan Seksi IV Krian-Mojokerto sepanjang 18,55 km. Dedi menambahkan, selain membangun ruas jalan tol, pihaknya dalam tahun-tahun mendatang tetap akan terus memperbanyak pembangunan ruas jalan tol baru. Pembangunan jalan tol ini selain untuk meningkatkan kinerja perseroan, juga untuk memperlancar arus pertumbuhan ekonomi.

Selain membangun jalan tol di Jatim, Jasa Marga saat ini juga tengah menyelesaikan proyek jalan tol di Bali. ”Pada pertengahan 2013 nanti jalan tol ini juga akan rampung,” kata Dedi.

Jalan tol di Bali, tepatnya di Denpasar ini berada di atas perairan bakau (mangrove). Jalan tol sepanjang 12 km ini akan menghubungkan Benoa (Denpasar) ke Nusa Dua (Badung) dan ke arah Bandara Internasional Ngurah Rai.

Dalam proses pembangunannya, setidaknya ada belasan ribu tiang dipancang setinggi 15 meter sepanjang 12 km di atas permukaan laut mulai dari Benoa- Ngurah Rai-Nusa Dua. Sementara itu, hingga lima tahun kedepan Pemprov Jawa Timur memprioritaskan pembangunan enam ruas jalan tol.

Pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap. ”Jalan tol yang kini tengah dalam pembangunan adalah ruas Mojokerto- Kertosono, dan Surabaya- Mojokerto,” ungkap Gubernur Soekarwo. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3893 seconds (0.1#10.140)