Pemanfaatan cadangan gas belum maksimal

Minggu, 15 Juli 2012 - 13:00 WIB
Pemanfaatan cadangan gas belum maksimal
Pemanfaatan cadangan gas belum maksimal
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini mengatakan, pemanfaatan cadangan gas bumi di tanah air belum maksimal. Hal tersebut berdasarkan atas cadangan gas sebesar 107,34 triliun kaki kubik (TCF) sedangkan pemanfaatannya baru mencapai sebesar 6 persen.

“Dengan cadangan gas yang lumayan besar kita baru manfaatkan 6 persen. Sementara Brazil sudah memanfaatkan gas sampai dengan 35 persen,” kata Rudi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Rudi, keberhasilan Brazil adalah keseriusan negara tersebut dalam hal pengelolaan gas. "Karena Brazil serius mereka bisa berhasil dalam waktu 25 tahun. Indonesia yang sudah lebih dulu mengenal gas, ternyata belum bisa memanfaatkan secara optimal," ujar Rudi.

Rudi menambahkan, pemanfaatkan gas bukan menemui kendala, pasalnya persoalan infrastruktur masih menjadi kendala utama. Akibatnya hasil gas domestik lebih banyak diekspor daripada untuk memenuhi kebutuhan domestik. “Indonesia masih memiliki cadangan gas yang bisa dikembangkan yaitu 52,29 TCF,” katanya.

“Untuk jangka pendek bangun Indonesia harus membangun FSRU agar bisa membawa gas dari Natuna maupun dari Bontang yang memang di ujung pulau. Tanpa infrastruktur kita akan sulit memanfaatkan gas untuk domestik,” tambah Rudi.

Senada, Direktur Pembina Usaha Hulu Migas Direktorat Jenderal Migas Kementeriaan ESDM Edy Hermantoro mengatakan, pemanfaatan cadangan dan eksploitasi gas di Indonesia dinilai lamban. Namun berbeda dengan minyak yang cenderung lebih baik dibanding gas bumi. “Mengapa, karena pemanfaatan gas baru bisa dilakukan jika sudah ada pembeli,” ungkap dia.

Disisi lain, imbuhnya, hingga saat ini gas masih dianggap sebagai produk sampingan karena Indonesia masih mejadikan minyak sebagai energi utama dibanding gas bumi. “Cadangan gas masih sangat besar, masih banyak sumber gas tapi terbatas dalam hal infrastruktur,” katanya.

Indonesia masih memiliki cadangan gas bumi sebanyak 152,89 triliun TCF. Cadangan gas bumi tersebut di luar total sumber daya gas metana batubara (coalbedmethane/CBM) yang tersebar mencapai 452,30 TSCF dan potensi shale gas masih dalam tahap studi (penelitian kembali). “Dari total cadangan terbukti 48,18 TCF merupakan, cadangan potensial,” kata dia.

Data Kementerian ESDM menyebutkan, cadangan gas bumi di Indonesia tersebar di Sumatera Barat sebanyak 5,56 TCF dan 1,29 TCF, Natuna sebanyak, 50,94 TCF, Sumatera Tengah 9,01 TCF, Sumatera Selatan 15,79 TCF, Jawa Barat 4,24 TSCF, Jawa Timur 5,73 TCF, Kalimanatan 17,36 TCF, Papua 23,91 TCF dan Perairan Maluku 15,22 TCF.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)