IMF: Ekonomi tumbuh saja tidak cukup

Minggu, 07 Oktober 2012 - 18:17 WIB
IMF: Ekonomi tumbuh saja tidak cukup
IMF: Ekonomi tumbuh saja tidak cukup
A A A
Sindonews.com - Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde bertemu dengan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara di kawasan Teluk yang tergabung dalam GCG. Lagarde bicara tentang pentingnya kenaikan lapangan pekerjaan dan skill karyawan disamping pertumbuhan ekonomi.

Seperti dikutip dari siaran pers yang dikeluarkan IMF, Lagarde berbicara tentang pentingnya GCG untuk bekerjasama dalam menghadapi tantangan ke depan khususnya di bidang ekonomi.

"Prospek ekonomi tetap menantang bagi negara Arab. Efek penurunan ekonomi terbatas meskipun harga minyak masih mendekati level tertinggi sepanjang sejarah. Dengan kebijakan fiskal yang ekspansif dan tingkat suku bunga rendah, pertumbuhan ekonomi di tahun 2011 yang mencapai 7,5 persen, diharapkan akan tetap kuat tahun ini," ujar Lagarde, Minggu (7/10/2012)

Namun, Lagarde juga tetap mengingatkan ketidakpastian ekonomi global. Hal ini, menurut Lagarde, akan berpengaruh terhadap fundamental ekonomi jangka panjang.

"Penciptaan lapangan pekerjaan telah mengambil alih panggung pertumbuhan ekonomi, bagi beberapa negara termasuk GCG khususnya. Tumbuh saja tidak cukup. Langkah-langkah untuk memperkuat pendidikan dan pelatihan, jasa penempatan perkerjaan yang lebih baik serta peningkatan daya tarik karyawan di sektor swasta," tambah dia.

Lagarde juga menyebut, bantuan yang telah diberikan IMF untuk Arab dalam menghadapi masalah transisi.

Sebagai informasi, GCG adalah negara yang terdiri dari Bahrain, Kuwait, Oman, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)