OJK akan bentuk komite-komite pendukung

Senin, 15 Oktober 2012 - 15:52 WIB
OJK akan bentuk komite-komite pendukung
OJK akan bentuk komite-komite pendukung
A A A
Sindonews.com - Ketua Otoritas Jasa Keuanga (OJK), Muliaman D Hadad menerangkan pentingnya pembetukan komite-komite pendukung guna menjaga akuntabilitas serta transparansi kinerja OJK. Untuk itu, perlu dilakukan seleksi yang ketat kepada orang-orang terpilih guna mengisi posisi sebagai anggota dewan audit tersebut.

"Jadi begitu luasnya begitu fungsinya berat baigi OJK sehingga Dewan Audit harus diisi oleh orang yang betul-betul profesional," kata Muliaman dalam paparannya di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (15/10/2012).

Muliaman menargetkan, Dewan Audit tersebut dapat segera terbentuk sekaligus mulai menjalankan fungsinya. Dirinya pun mengungkapkan, selain dewan audit, ada beberapa komite lain yang dibuat OJK guna mendukung tugas dan peran OJK dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas dan pengatur lembaga-lembaga di Industri Keuangan.

"Pada tahun ini OJK menargetkan akan membuat beberapa komite kerja guna pendukung kinerja DK OJK kedepannya. Ada Dewan Audit, Komite Etik, Komite Keuangan Syariah, Komite Perlindungan Konsumen dan Edukasi dan Komite Good Corporate Governence," pungkasnya.

Sebelumnya, OJK mengaku telah melakukan seleksi terhadap 55 orang dari asosiasi industri keuangan dan perguruan tinggi untuk mengisi posisi sebagai anggota Dewan Audit OJK yang sedang dibentuk saat ini. Dari jumlah tersebut akan dipilih 5 orang saja untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Dewan Komisioner OJK bidang Audit, Ilya Avianti mengungkapkan, dewan audit sendiri memiliki tiga fungsi utama meliputi internal audit OJK, kontrol kualitas peraturan dan pengawasan serta mengukur managemen resiko OJK.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4884 seconds (0.1#10.140)