alexametrics

Minamas bangun pabrik senilai USD110 juta

loading...
Minamas bangun pabrik senilai USD110 juta
Minamas bangun pabrik senilai USD110 juta
A+ A-
Sindonews.com - PT Minamas Gemilang (Minamas), yang merupakan anak perusahaan Sime Darby Berhad dari Malaysia akan membangun sebuah pabrik refinery di Kalimantan Selatan. Pabrik yang berlokasi di Pulau Laut tersebut akan menelan investasi USD110 juta.

President and Group Chief Executive Sime Darby Dato' Mohd Bakke Saleh mengatakan, jika pabrik tersebut saat ini masih 68 persen dalam pembangunan. Nantinya pabrik tersebut akan menghasilkan produk turunan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), seperti sabun, sampo, dan produk kosmetika lainnya.



"Kami targetkan dapat memproduksi 850 ton per hari," ujar Bakke pada acara penyerahan beasiswa perusahaan tersebut kepada 72 mahasiswa di Jakarta, Senin (15/10/2012). Pabrik ini ditargetkan mulai beroperasi pada Maret atau April tahun depan.

Dia mengatakan bahwa komoditas sawit saat ini masih memiliki prospek yang bagus. Hal ini dikarenakan masih tingginya tingkat permintaan dunia untuk minyak sawit. Namun, dia berharap jika ke depannya harga sawit bisa stabil di USD1000/ton.

"Malaysia dan Indonesia sedang berupaya menaikkan harga jual sawit," ujarnya.

Hal tersebut berdasarkan pertemuan antara menteri pertanian kedua negara mengenai penurunan pajak ekspor sawit. Da juga mengatakan bahwa tahun lalu terjadi penurunan produksi sebanyak 6 persen akibat kendala cuaca di lahan kawasan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
(rna)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top