IPA: 25% pendapatan negara dari migas

Rabu, 05 Desember 2012 - 15:37 WIB
IPA: 25% pendapatan negara dari migas
IPA: 25% pendapatan negara dari migas
A A A
Sindonews.com - Indonesian Petroleum Association (IPA) menyatakan industri minyak dan gas (migas) tetap memberikan kontribusi yang signifikan kepada pemerintah.

Presiden IPA Elisabeth Proust mengatakan, hal tersebut terbukti dengan menghasilkan lebih dari 25 persen dari total pendapatan pemerintah yakni sekira USD35 miliar berupa pembayaran pajak dan royalti di 2011.

Selain itu, Elisabeth menambahkan industri migas juga memberikan kontribusi hingga tujuh persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan menyediakan lapangan kerja langsung lebih dari 30 ribu pekerja.

"Sementara tenaga kerja tidak langsung 300 ribu pekerja," kata Elisabeth, saat Konferensi Pers Akhir Tahun IPA, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Elisabeth mengungkapkan dengan adanya industri migas juga tekah mengurangi ketergantungan. Terhadap impor energi melalui investasi eksplorasi berisiko tinggi. "Mengembangkan infrastruktur utama untuk konsumsi energ dalam negeri," ujar Elisabeth.

Namun dengan demikian Menurut Elisabeth, industri migas masih memunculkan persepsi ke publik solah-olah didominasi oleh perusahaan asing. "Seperti tidak menghasilkan banyak manfaat bagi rakyat," tutup Elisabeth.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7836 seconds (0.1#10.140)