Kucurkan USD40 juta, SAE garap geothermal Baturaden

Jum'at, 11 Januari 2013 - 10:46 WIB
Kucurkan USD40 juta, SAE garap geothermal Baturaden
Kucurkan USD40 juta, SAE garap geothermal Baturaden
A A A
Sindonews.com - PT Trinergy melalui PT Sejahtera Alam Energy (SAE) tahun ini akan mengucurkan dana sebesar USD40 juta untuk pembangunan infrastruktur dan pemboran eksplorasi proyek panas bumi (geothermal) Baturaden, Jawa Tengah.

Direktur Utama PT SAE, Ahmad Nugraha Juanda mengatakan, dana tersebut diambil dari kas internal perseroan. Pihaknya juga telah menandatangani perjanjian jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Baturaden dengan PT PLN (Persero) sebesar USD9,47 sen/kWh.

"Pada April 2013 kami akan melakukan pembangunan infrastruktur dan Oktober 2013 kami melakukan pemboran eksplorasi," kata Nugraha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Menurut Nugraha, berdasarkan potensi panas bumi di wilayah kerja pertambangan (WKP) Baturaden, PT SAE akan membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) sebesar 220 MWe melalui tiga tahap pengembangan.

Pertama, akan dibangun sebesar 110 MWe dengan rencana waktu pengoperasian (commercial operation date/COD) pada 2017. Tahap kedua, dibangun PLTP berkapasitas 77 MWe dengan rencana COD pada 2019. Selanjutnya, tahap ketiga, pembangunan PLTP kapasitas 44 MWe dengan COD pada 2021.

Nugraha menuturkan, pencapaian PT SAE pada 2012 meliputi, pelaksanaan topografi detail, menuntaskan detail engineering desain, menyelesaikan program drilling eksplorasi, dan menyelesaikan daftar rencana kebutuhan barang impor (RKBI).

Selain itu, perseroan juga mendapatkan izin penggunaan kawasan hutan dari menteri Kehutanan, mencapai kesepakatan nilai ganti rugi dan sewa penggunaan lahan PTPN IX, dan mendapatkan rekomendasi hasil kajian teknis izin penggunaan dan pemanfaatan air permukaan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3287 seconds (0.1#10.140)