Dijanjikan gas, industri keramik sumringah

Jum'at, 11 Januari 2013 - 14:57 WIB
Dijanjikan gas, industri keramik sumringah
Dijanjikan gas, industri keramik sumringah
A A A
Sindonews.com - Para pengusaha keramik mendapat angin segar lantaran dijanjikan akan mendapat pasokan gas hingga mendekati 110 mmscfd pada 2013.

Dewan Pembina Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Achmad Widjaya menargetkan penjualan keramik tahun ini menembus Rp19 triliun. Target itu bisa terwujud jika pemerintah menepati janjinya menambah pasokan gas untuk industri keramik.

"Targetnya Rp19 triliun tahun ini karena pemerintah akan menambah energi. Tapi semuanya belum pasti karena akan diputuskan akhir Januari 2013. Namanya rencana, bisa ya, bisa tidak," katanya saat dihubunngi Sindonews, Jumat (11/1/2012).

Achmad meminta pengusaha keramik tetap optimis akan terjadi pertumbuhan karena banyak perusahaan yang siap berekspansi tapi menunggu energi. Energi selalu menjadi kendala utama bagi perusahaan keramik dalam negeri.

"Ada sekitar 10 perusahaan keramik yang siap ekspansi. Misalnya, Asia Tail, Mulia Keramik, Keramik Arwana di Palembang. Semuanya siap ekspansi tetapi menunggu pasokan gas," ujar Achmad.

Pihaknya memprediksi konsumsi keramik tahun ini meningkat sekitar 12 persen karena banyak tower baru di Jakarta yang dibangun tahun ini. "Kalau konsumsi domestik pertumbuhannya rata-rata 5-8 persen per tahun dan perkiraan kami tahun ini akan tumbuh sekitar 12 persen," tutur Achmad.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6836 seconds (0.1#10.140)