Jabar maksimalkan peran pembiayaan UMKM

Selasa, 15 Januari 2013 - 18:26 WIB
Jabar maksimalkan peran pembiayaan UMKM
Jabar maksimalkan peran pembiayaan UMKM
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengurangi jumlah penduduk miskin dengan memaksimalkan program pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini, jumlah penduduk miskin di Jabar sekitar 4,4 juta orang.

Wakil Gubenur Jabar, Dede Yusuf mengakui, pertumbuhan ekonomi Jabar yang cukup membanggakan belum berdampak signifikan terhadap pengentasan kemiskinan di wilayahnya.

Saat ini, jumlah penduduk miskin di Jabar mencapai 10,58% dari total populasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk miskin di Jabar per Oktober 2012 mencapai 4.421.484 orang.

“Jumlahnya masih cukup tinggi. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan yaitu memaksimalkan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengakses pembiayaan. Melalui pinjaman modal usaha, diharapkan ekonomi masyarakat meningkat,” jelas Dede Yusuf kepada wartawan di Bandung, Selasa (15/1/2013).

Upaya nyata yang telah dilakukan Pemprov Jabar, yaitu menyalurkan program kredit cinta rakyat (KCR) mulai 2011. Program ini digulirkan, dengan memberi pinjaman modal maskimal Rp50 juta kepada pelaku UMKM.

Dalam waktu dekat, lembaga penjamin pinjaman daerah juga mulai beroperasi. Lembaga tersebut diharapkan mengatasi masalah agunan bagi pelaku UMKM.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3508 seconds (0.1#10.140)