KKP maksimalkan potensi ekonomi kelautan

Jum'at, 18 Januari 2013 - 16:23 WIB
KKP maksimalkan potensi ekonomi kelautan
KKP maksimalkan potensi ekonomi kelautan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya memaksimalkan potensi kelautan dan perikanan. Kali ini dengan menyinergikan tiga strategi terobosan yakni, industrialisasi kelautan dan perikanan, blue economy, dan minapolitan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan, Syarif Widjaja mengatakan, ketiga strategi ini merupakan motor penggerak sebagai langkah percepatan nilai tambah maupun daya saing yang mengusung paradigma ekonomi berkelanjutan berbasiskan pada wilayah dan kawasan.

Grand design ini sebagai langkah strategis KKP untuk memperkuat simpul-simpul pengembangan kawasan ekonomi kelautan dan perikanan agar dapat menggerakkan roda perekonomian di daerah,” katanya seperti dikutip dalam rilis kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (18/1/2013).

Selain itu, lanjut dia, KKP juga memperkuat konektivitas bisnis (rantai nilai dan rantai pasok) dan terintegrasinya infrastruktur dan sistem produksi lintas core business (bisnis utama). Sehingga berdampak pada meningkatnya pendapatan nelayan, pembudidaya, dan pengolah ikan.

“Alhasil, KKP telah menetapkan 10 program utama yang terbagi dalam lima program utama dan lima program pendukung sebagai upaya nyata untuk mengakselerasi pembangunan kelautan dan perikanan,” ungkapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3175 seconds (0.1#10.140)